Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Kontroversial Fotografer Perancis, Dandani Patung Kuno dengan Pakaian Dalam

Kompas.com - 05/08/2014, 18:08 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com — Aksi kontroversial terjadi di Italia. Fotografer Perancis mendandani patung-patung Yunani terkenal dengan pakaian dalam seksi bermotif macan tutul, kerudung pengantin berwarna putih, dan selendang bulu merah muda.

Patung-patung prajurit Yunani yang dikenal dengan sebutan "Riace Bronzes" ini berusia 2.500 tahun dan diingat sebagai beberapa warisan arkeologi terhebat Italia.

Sang fotografer, Gerald Bruneau, diizinkan untuk memotret sejumlah patung prajurit di museum yang terletak di selatan Italia tersebut. Namun, pemotretan terpaksa dihentikan saat sang fotografer diketahui mendandani patung-patung tersebut.

Museum Arkeologi Nasional Reggio Calabria adalah rumah dari koleksi seni barang kuno yang ditemukan di situs Magna Graecia.

Pihak museum mengatakan, Gerald diundang untuk memotret patung-patung itu. Namun, kegiatan mendandani tak termasuk di dalamnya, dan para staf pun akhirnya menghentikan sesi pemotretan ketika mereka mengetahui apa yang terjadi.

Kepala Departemen Arkeologi Italia Simonetta Bonomia menginformasikan bahwa izin bagi Gerald diberikan karena sesi pemotretan sebelumnya, yang kala itu mendekorasi patung menggunakan aksesori kerudung, berlangsung dengan elegan.

Situs Dagospia Italia mengunggah foto-foto Gerald ini, bersamaan dengan sebuah artikel tentang proses artistik di balik pemotretan. Namun, ulah nyentrik Gerald ini disikapi oleh politisi lokal di Italia dengan investigasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com