Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2014, 16:45 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com –Mau tahu apakah seorang perempuan merawat dirinya dengan baik atau tidak, tengok saja rambutnya! Mengapa? Sebab, rambut merupakan “amunisi” feminin perempuan yang berperan penting dalam merangkum penampilan jadi tampak lebih cantik dan menggemaskan. Jadi, lain waktu Anda bertemu dengan perempuan yang memiliki rambut kusam, berminyak, kusut, dan berantakan, bisa jadi bukan hanya rambut yang tak dirawat, tapi bagian tubuh lainnya pun mengalami kondisi serupa. Ouch!

Selain perawatan dari luar, rambut indah juga bisa didapatkan dari pola diet yang tepat. Sama halnya dengan diet untuk menurunkan berat badan, diet untuk rambut juga menuntut Anda untuk mengonsumsi makanan sehat.

1. Kerang
Kerang mengandung zinc dan jenis mineral lainnya, sangat penting untuk memperbaiki kerusakan rambut serta merangsang pertumbuhan rambut.  "Jika tubuh Anda kekurangan zinc, maka rambut Anda akan tumbuh lebih lambat dan berpotensi mengalami kerontokan," kata Deborah Enos, Nutrisionist, New York, Amerika Serikat. 

2. Pepaya dan lada
Kedua jenis makanan ini mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan produksi kolagen di sekitar rambut dan menjaganya tetap kuat. Anda bisa menggabungkan keduanya sebagai makanan yang disantap sehari-hari. 

3. Kacang
Kacang merupakan salah satu makanan penghasil biotin yang baik, dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan membuat kepala lebih sehat. Tubuh Anda membutuhkan biotin untuk memetabolisme karbohidrat, lemak, asam amino, dan protein. Biotin inilah yang akan membantu rambut tumbuh lebih cepat. Selain itu, makanan sumber biotin lainnya adalah salmon dan telur. 

4. Bayam
Sayuran ini mengandung zat besi dan folat yang tinggi. Selain itu, sayuran juga mengandung vitamin B yang bisa meningkatkan aliran sel darah merah. 

Zat besi meningkatkan kemampuan sel darah merah untuk membawa oksigen dalam darah, sehingga membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Zat besi juga akan meningkatkan kekuatan rambut. 

5. Yogurt
"Yogurt mengandung protein tinggi dan vitamin B5. Kedua kombinasi senyawa ini akan meningkatkan pertumbuhan rambut. Yogurt juga mengandung vitamin D yag berguna untuk membuat folikel rambut jadi lebih sehat, " kata Enos.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com