Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Telanjang di Pinggir Jalan Dianggap Tak Menyimpang

Kompas.com - 06/08/2014, 22:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com —
Di kota New York, Amerika Serikat, telanjang di tempat umum adalah legal. Syaratnya, memiliki tujuan yang bersifat seni, bisa untuk pertunjukan atau pameran.

Seorang seniman bernama Trina Merry memanfaatkan kesempatan ini dengan melukiskan gedung, jalanan, dan penada jalan di New York pada tubuh telanjang seorang model wanita.

"Aku melakukannya karena aku baru saja pindah ke New York dan ini adalah caraku untuk berkomunikasi dengan kota ini. Aku mencoba memahaminya sedikit demi sedikit," Ucap Merry, seperti dikutip Associated Press.

Di ranah seni melukis, Merry sendiri bukanlah pendatang baru. Karya dan namanya merebak di ranah publik semenjak dirinya membuat “A Fiat 500 Out of Humans”, sebuah iklan komersial yang dipublikasikan di ESPN Body Issue pada tahun 2009.

Sebelum pindah ke New York, Merry pernah membuat "manusia motor" untuk the International Motorcycle Roadshow. Hasilnya cukup mengejutkan, seperti yang ia sampaikan pada Huffington Post, "Aku mengambil ide dari perempuan cantik dan sepeda motor, lalu membuatnya mencolok dengan membuat sepeda motor dari tubuh model,"

Untuk proyek terbarunya ini, Merry meminta model wanita untuk berdiri selama berjam-jam sembari ia melukis. Menurut dia, kendala terbesar yang sering membuat konsentrasinya terpecah adalah suara bising kendaraan yang lalu lalang, hujan, menjawab pertanyaan dari pejalan kaki, dan interupsi dari polisi NYPD.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com