Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Tolak Panik Kala "Si Mbak" Tak Kunjung Balik Usai Mudik

Kompas.com - 08/08/2014, 19:30 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Usai libur Lebaran, si mbak sang Asisten Rumah Tangga (ART) memberikan kabar bahwa dirinya tak akan kembali bekerja.  Duh… tiba-tiba Anda pusing dan meriang. Tunggu dulu, tenangkan pikiran, dan jalani penjelasan berikut ini sembari Anda mencari ART baru.

1. Libatkan semua anggota keluarga
Jangan terlalu percaya diri untuk bisa mengatasi semuanya seorang diri. Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan kegitan bersih-bersih rumah.  Caranya, Anda bisa mempercayakan beberapa pekerjaan rumah tangga pada anak-anak dan suami.

Buatlah daftar tugas yang harus dilakukan dan distribusikan kepada mereka. Misalnya, biarkan si kakak membantu Anda menyapu dan mengepel lantai, ayah menyiram tanaman dan mencuci mobil, lalu adik melipat pakaian. Berbagi tugas untuk satu tujuan membantu meningkatkan kebersamaan dan mengajarkan nilai kerjasama pada keluarga.

2. Perhatikan kemampuan dan kekuatan tiap anggota keluarga
Ketika membagi-bagi tugas, Anda harus realistis. Perhatikan kemampuan dan kekuatan masing-masing anggota keluarga. Jangan berikan tugas yang melebihi kemampuan yang dimiliki. Selain buang-buang waktu, Anda malah akan yang kerepotan untuk mengerjakan kembali semuanya dari awal.

Sebaiknya, ajak anak-anak untuk memilih pekerjaan rumahtangga yang mereka inginkan. Dengan demikian, diharapkan mereka akan menyelesaikannya sepenuh hati.

3. Bagi waktu dan kerjakan pekerjaan rumah setiap 15 menit
Bagi perempuan karier yang sibuk, Anda pasti bakal menghadapi kesulitan untuk menyisihkan waktu demi mengerjakan semua pekerjaan rumah. Di pagi hari, pasti sudah terburu-buru, dan sore hari saat pulang kantor pasti sudah lelah.

Solusinya, Anda bisa membagi waktu mengerjakan pekerjaan rumah dengan cara mencicil per 15 menit. Di pagi hari, Anda bisa menyisihkan waktu sebentar untuk mencuci piring atau menyapu lantai sebelum berangkat kerja. Sore hari setelah bekerja, sisihkan lagi waktu 15 menit lagi untuk menyapu lantai atau memasak.  

4. Buat jadwal pekerjaan
Sama seperti bekerja di kantor, Anda perlu mengatur jadwal pekerjaan apa yang akan Anda lakukan hari ini. Agar lebih mudah, Anda bisa menerapkan satu pekerjaan untuk satu hari. Anda bisa mengatur jadwal sesuai dengan keinginan Anda, misalnya, hari senin waktu mencuci pakaian, selasa waktunya merapikan rumah dan mencuci piring, lalu sabtu waktunya menyeterika dan lainnya. Pada hari minggu, saatnya "libur" dari pekerjaan rumah tangga ini.

5. Jangan stres
Kehilangan ART bisa membuat semua Anda panik dan stres. Hanya saja, sadarilah,  hal yang demikian tak ada gunanya. Sebab, stres hanya akan membuat Anda tak bisa bekerja di kantor dengan benar, dan juga pekerjaan rumah pun tak akan beres. Jangan keburu panik dan stres, santai saja dan lakukan semua pekerjaan yang bisa Anda lakukan sebaik-baiknya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com