Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Pil KB Bisa Buat Wanita Terlihat Lebih Tua

Kompas.com - 11/08/2014, 15:30 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Oprah

KOMPAS.com – Selain tubuh langsing dan proporsional, memiliki kualitas kulit bak remaja merupakan salah satu ambisi sejumlah wanita. Demi mendapatkannya, tak sedikit wanita yang nekat melakukan perawatan ekstrim seperti bedah plastik dan suntik botox. Namun, menurut situs Oprah, ada beberapa kebiasaan yang tak berkaitan dengan kecantikan bisa membuat wanita tampak lebih tua. Penasaran? Baca terus!

Menurut Jessica Krant, MD, Dermatologist, SUNY Downstate Medical Centre, menggunakan dan mengonsumsi alat kontrasepsi hormonal, seperti pil KB, cincin, dan suntikan, menyebabkan lonjakan hormon yang membuat penampilan terlihat lebih tua. Sebab, alat dan pil kontrasepsi bisa menimbulkan rona kecoklatan atau abu-abu di kulit sekitar bibir, hidung, dan dahi.

Pernyataan tersebut diperkuat dengan studi yang menemukan bahwa pil KB menghadirkan bercak-bercak pada kulit wanita secara tidak merata. Hal ini kemungkinan besar terjadi akibat sistem tubuh yang tidak cocok dengan pil KB pilihan. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah berhenti mengonsumsinya. Namun, sebelum memutuskan hal tersebut, sangat disarankan untuk berkonsultasi pada dokter kandungan dan dokter kulit Anda terlebih dahulu.

Kebiasaan lain yang menyebabkan warna kulit jadi kusam dan tua adalah mengenakan kacamata hitam berkualitas rendah. Sebab, untuk melindungi kulit di area mata dibutuhkan kacamata hitam dengan proteksi tinggi terhadap sinar UVA/UVB. Umumnya, kacamata hitam berkualitas tinggi dilengkapi dengan fitur perlindungan terhadap kedua jenis sinar tersebut.

Perlu Anda ketahui, dampak dari paparan langsung sinar UVA/UVB pada wajah adalah kulit di sekitar mata jadi gelap dan keriput. Alhasil, wajah Anda pun terlihat jauh lebih tua dari usia yang sesungguhnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Oprah
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com