Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2014, 14:51 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Selama ini kita mengira, wanita lebih ingin segera berkeluarga dibandingkan pria. Ternyata, informasi ini dipatahkan oleh sebuah penelitian.

Penelitian yang dihelat oleh VoucherCloud mengatakan, rata-rata pria di Ingris menginginkan anak pertama saat berusia 29 tahun. Hal ini berbeda dengan wanita, yang memilih usia 32 tahun sebagai usia paling tepat untuk memiliki anak.

Sebanyak 1.732 penduduk Inggris berusia 18 – 39 tahun dengan status lajang, dilibatkan sebagai partisipan penelitian selama dua tahun.

Metode penelitian membagi partisipan dalam dua kelompok. Kelompok pria dan kelompok wanita. Masing-masing kelompok diberikan pertanyaan, “Apakah Anda ingin memiliki anak?”. Kemudian, sebanyak 88 persen pria menjawab “ya”, sedangkan wanita yang memberikan jawaban yang sama hanya 79 persen.

Selanjutnya, partisipan yang menjawab “ya”, diajukan pertanyaan lain,“ Berapa jumlah anak yang diinginkan?,”. Kebanyakan menjawab dua anak. Lalu, partisipan diberikan pertanyaan lain, “Usia berapa yang dinilai ideal untuk memiliki anak?”, jawaban terbanyak pria adalah usia 29 tahun, tapi partisipan wanita, menjawab usia 30 tahun lebih tepat.

Kedua grup diwajibkan menjawab pertanyaan, "Berapa umur tertua untuk memiliki bayi?” Partisipan pria menjawab 35 tahun, wanita menjawab 41 tahun.  

“Lebih dari tiga dekade dan dua tahun, terdapat perbedaan mencolok antara wanita dan pria mengenai mengenai waktu yang tepat memiliki anak. Rasanya, ekploitasi media yang mengedepankan berita soal selebriti pria yang telah menjadi ayah, seperti David Beckham, Jamie Oliver, dan Brad Pitt, membuat banyak pria semakin menginginkan memiliki anak,” terang juru bicara VoucherCloud.

Sepak terjang wanita dalam merintis karier pun menjadi alasan dari rendahnya jumlah kaum hawa yang menginginkan anak di usia muda. Ternyata, melepaskan karier dan mendedikasikan seluruh waktu serta perhatian untuk keluarga, menjadi pengorbanan besar untuk sebagian besar wanita zaman sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com