Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2014, 09:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com — Salah satu kegiatan keluarga yang menyenangkan di akhir pekan adalah berenang. Namun, banyak orangtua yang masih kerap khawatir membiarkan anak bersenang-senang sembari berenang. Alasannya, karena masih terlalu kecil dan takut tenggelam.  

"Kami percaya, dengan memperkenalkan berenang pada anak-anak sedini mungkin, mereka tidak akan ketakutan saat jatuh ke dalam air. Dengan latihan yang tepat, lambat laun anak-anak akan paham bagaimana cara mencegah dan menyelamatkan diri bila tenggelam," kata Paul Thompson dari Water Babies. 

Hanya saja, sebagai orangtua, sudah menjadi kewajiban Anda untuk menjaga mereka tetap selamat. Jangan sampai lengah. Berikut beberapa tip berenang aman dengan si kecil:

1. Awasi anak-anak di sekitar air
Mengawasi anak dengan saksama dari tepi kolam adalah hal yang patut Anda lakukan selama berada di area kolam renang. Namun, bila sewaktu-waktu Anda harus ke kamar kecil atau melakukan keperluan lainnya, usahakan untuk mengajak anak bersama Anda. Jika tak memungkinkan, mintalah pertolongan pada suami, asisten rumah tangga (ART), dan anggota keluarga lainnya untuk menjaga anak Anda.

2. Perhatikan alat keselamatan
Biasanya, kolam renang untuk umum memiliki alat bantu keselamatan, yang berfungsi untuk membantu atau mencegah perenang mengalami tenggelam. Nah, bila si kecil memiliki penyakit bawaan, misalnya asma, maka pastikan Anda membawa obat sendiri dari rumah. Selian itu, untuk berjaga-jaga, simpan juga nomor darurat lokal di ponsel Anda.

3. Perhatikan alat pemainan
Di beberapa kolam renang anak ada beberapa alat permainan yang disediakan. Pastikanlah permainan tersebut aman untuk anak, dan lagi-lagi, jangan lengah dalam menjaga anak selama waktu berenang.  

4. Jangan ajak si kecil ke pantai berombak
Jika kebetulan Anda sekeluarga berlibur ke pantai, hindari memilih pantai dengan ombak tinggi dan arus yang kuat. Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membiarkan anak bermain di sekitar pantai, pastikanlah Anda tahu di mana letak pos penjaga pantai, dan simak baik-baik aturan serta informasi yang terdapat di sekitar pantai. 

5. Jangan langsung berenang
Jangan biarkan anak langsung berenang seusai makan siang. Biasakanlah untuk menunggu setidaknya selama satu jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com