Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Hari, Perempuan Membenci Tubuhnya Sebanyak 13 Kali

Kompas.com - 18/08/2014, 18:22 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com — Sudah bukan rahasia lagi bahwa wanita selalu berambisi memiliki tubuh yang sempurna dan iri dengan pesona fisik wanita lain. Alhasil, tak sedikit wanita yang "mengutuk" diri sendiri. Menurut sebuah penelitian, setidaknya wanita mengeluh mengenai penampilannya sebanyak 13 kali.

Sebenarnya, bentuk tubuh Anda tampak kurang menawan karena cara berpikir negatif Anda. Berikut beberapa cara menghargai ketidaksempurnaan pada diri sendiri:

1. Beri pujian, jangan selalu mengkritik
Berapa kali dalam sehari, Anda selalu mengungkapkan kekesalan Anda terhadap perut buncit, tubuh pendek, lengan besar, dan lainnya? Faktanya, perempuan ternyata mencela diri sendiri sebanyak 13 kali. Jangan biarkan hal ini menjebak pikiran Anda.

Bersikap baiklah kepada diri sendiri. Sesekali, berikanlah pujian kepada tubuh Anda dan perlakukan diri Anda seperti memperlakukan teman terbaik.

Setiap kali Anda menunjukkan perasaan cinta diri, setidaknya Anda berinvestasi untuk kebahagiaan Anda. Pikirkan kondisi fisik Anda yang jauh lebih baik daripada orang lain. Pikirkan kualitas diri yang disukai dan sesuai dengan kepribadian dan minat Anda.

2. Nikmati kesehatan yang dimiliki
Kebanyakan orang tidak sadar bahwa kesehatan adalah sebuah anugerah yang lebih besar dibandingkan kecantikan. Nah, salah satu cara untuk menikmati kesehatan adalah senantiasa menjaganya dengan pola makan yang tepat dan olahraga teratur.

"Setiap olahraga yang berhasil dilakukan adalah kemenangan pribadi atas kemalasan dan penundaan," kata Chris Feytag, ahli kebugaran.


3. Cintai pekerjaan Anda
Seperti kata Diane Von Furstenberg, "You're always with yourself, so you might as well enjoy the company."

Jika Anda selalu mengeluh dengan pekerjaan dan tidak bisa menikmatinya, ini berarti Anda tidak mensyukuri nikmat yang tidak didapatkan oleh banyak orang. Sebaliknya, jika Anda bisa menikmati pekerjaan dan melakukannya dengan hati senang, pikiran pun akan jadi rileks, positif, dan penuh syukur. Sebab, secara tak langsung, hal ini akan memberi pengaruh besar pada tubuh Anda secara keseluruhan.

Ingat, gaya hidup sehat bukan hanya dinilai dari bagaimana Anda makan, minum, dan melakukan aktivitas yang sehat, tetapi juga tentang pikiran yang sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com