Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2014, 13:53 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com — Jika Anda termasuk tipe suami yang malas dalam membantu istri mengerjakan pekerjaan rumah tangga, berarti kepiawaian bercinta Anda bisa dibilang cenderung biasa-biasa saja. Setidaknya, begitulah kesimpulan dari sebuah penelitian yang mempelajari hubungan suami istri pada era modern.

Studi yang dihelat oleh University of Washington menunjukkan, suami yang ringan tangan (senang membantu) istri untuk merapikan, membersihkan, dan merawat rumah disinyalir lebih aktif dalam bercinta.

Seorang asisten profesor jurusan sosiologi di Georgia State University merasa tertantang untuk mengeksplorasi temuan tersebut. Sebab, menurut informasi yang terkumpul, penelitian ini menggunakan data dari tahun 1980 dan 1990-an.

Pada masa itu, diketahui memang banyak istri yang menggunakan seks sebagai hadiah bagi suami yang bersedia membantu pekerjaan rumah tangga. Maka dari itu, Carlson memilih menggunakan data terkini untuk penelitian lebih lanjut.

Pada tahun 2006 silam, Carlson meneliti 487 pasangan yang telah menikah selama delapan tahun. Tujuannya ialah untuk melihat apakah benar tugas rumah tangga memengaruhi aktivitas seksual mereka. Hasilnya, pasangan yang mendelegasikan tanggung jawab pekerjaan rumah tangga dalam porsi seimbang, baik suami maupun istri, mereka memiliki aktivitas seksual yang sehat, berkualitas, dan bergairah.

Lalu, tujuh tahun kemudian, tepatnya tahun 2013 silam, University of Washington melakukan penelitian serupa. Bedanya, pihak suami diminta untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga lebih banyak dibandingkan istri. Hasilnya, suami jadi lebih malas bercinta dan kegiatan seks kurang membahagiakan.

"Penelitian kami menunjukan pasangan suami istri yang menganut paham egalitarian, yakni menganggap semua hak dan kewajiban mesti seimbang antar-kedua belah pihak, ternyata memiliki kehidupan seksual yang memuaskan," ujar Carlson.

Lebih lanjut, menurut Carlson, alasan dari hal tersebut adalah pasangan yang berbagi tugas dalam membesarkan anak serta membersihkan rumah lebih harmonis dan bahagia. Ternyata, saling bagi tugas bisa menumbuhkan kasih sayang dan afeksi mendalam antar-masing-masing pasangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com