Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2014, 20:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com
- Mungkin Anda beranggapan dengan mengajarkan aneka tarian kepada anak, itu sekadar untuk melestarikan budaya Indonesia saja. Jangan salah, tarian yang berkembang saat ini di Indonesia tak sebatas itu saja, tapi juga tarian modern.

Sebab, manfaat menari untuk anak-anak tak hanya untuk memperkenalkan dan melestarikan tarian daerah saja. "Untuk anak-anak sendiri, menari itu punya banyak manfaat," kata Hamdy Fabas, Penari Profesional Indonesia, kepada Kompas Female, saat acara konferensi pers Grand Final Mintz Gokilz Dance Competition di Parsley Resto, Yogyakarta, Jumat (22/8/2014) lalu.

Hamdy mengatakan, anak-anak yang diajarkan menari sejak kecil akan mendapatkan banyak keuntungan positif. "Ketika mereka mengenal tari sejak kecil, anak-anak akan lebih mudah menangkap beat dan irama musik," katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan, anak-anak yang belajar menari dianggap lebih disiplin, terutama jika mereka belajar menari secafa formal (akademi). Ketika belajar di akademi atau kursus menari, anak-anak tak cuma akan belajar teknik atau gerakan menari saja, mereka juga akan belajar hidup disiplin dan juga taat aturan.

"Mereka juga nantinya akan lebih mudah bergaul, karena secara tak langsung, menari itu akan meningkatkan kepercayaan diri anak-anak. Kepercayaan diri yang meningkat pun akan membuat pergaulan juga semakin luas," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com