Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Campur Perhiasaan Kuningan dalam Satu Kotak Penyimpanan

Kompas.com - 28/08/2014, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Koleksi perhiasaan kuningan di Indocraft & Fashion 2014

KOMPAS.com – Selain harganya yang lebih murah, perhiasaan kuningan memiliki keunggulan lain, yaitu tidak bisa berkarat. Selain itu, jenis perhiasaan ini sangat cocok dalam menonjolkan kesan etnik dan bohemian dalam penampilan Anda.

Meskipun nilainya tidak setinggi emas, bukan berarti perhiasan kuningan tidak memerlukan perawatan. “Tip penting merawat perhiasan kuningan, setelah dikenakan jangan lupa untuk dilap dengan lap kering,”ujar Yulie, Owner workshop Abel’s pada KompasFemale, di Pameran Indocraft & Fashion 2014.

Tujuan dari mengelap perhiasan berbahan kuningan adalah untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Sebab, walaupun tidak mudah berkarat tapi perhiasaan kuningan mudah kotor dan kusam.

Kemudian, Yulie menyarankan untuk meletakkan perhiasan kuningan jauh dari alat pendingin ruangan atau AC. Udara yang dingin dan lembab bisa membuat perhiasaan berjamur dan meninggalkan noda kehijau-hijauan.

Membungkus dengan lapisan kain atau plastik, menurut Yulie, juga merupakan cara terbaik dalam menyimpan perhiasaan kuningan. Ini juga untuk menghindari kontak langsung dengan jenis-jenis perhiasaan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com