Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirjen UKM Kalimantan Tengah Sediakan Mainan Anak dengan Standar Nasional Indonesia

Kompas.com - 28/08/2014, 18:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -
Mainan anak ternyata juga memiliki standar khusus yang diatur negara atau biasa di kenal sebagai Standar Nasional Indonesia (SNI). Pada acara pameran Indocraft & Fashion 2014, stan Dirjen Usaha Kecil Menengah dari Kalimantan Tengah memamerkan beraneka ragam mainan anak yang sesuai SNI.

Mainan anak-anak karya kelompok masyarakat Kalimantan tengah yang dilatih khusus oleh Konsorsium Mainan Anak Indonesia (KMAI) ini, umumnya  terbuat dari bahan kayu dan memiliki beragam bentuk serta warna yang tentunya menarik untuk anak-anak.

Ada balok kayu yang dapat disusun menjadi rumah,  puzzle untuk anak balita, sampai maket playgorund anak yang dapat dipesan dalam bentuk nyata.

Ternyata, mainan-mainan tersebut bukanlah sembarang mainan. Pipit dan Vina, karyawan stan Dirjen UKM, Kalimantan Tengah, menjelaskan bahwa semua mainan yang ditawarkan dibuat berdasarkan Standar Nasional Indonesia atau SNI.

Mainan yang memenuhi syarat SNI memiliki syarat-syarat seperti tidak menggunakan zat beracun, dan sudut yang tidak tajam. "Untuk proses finishing kita lebih memilih pakai minyak cendana, ketimbang cat pernis, karena lebih alami. Cat mainan disini juga aman, enggak beracun, supaya aman kalau digigit oleh balita,” jelas pipit.

Tak heran dengan pengukuran nan sempurna dan material yang terjamin aman, harga mainan SNI dibanderol agak mahal dengan kisaran harga ratusan hingga jutaan rupiah. Sangat berbeda jauh dari harga mainan biasa di pasaran. Sekarang, tentunya kembali ke pilihan para orang tua. Memilih yang mahal tapi aman, atau justru yang murah tetapi berbahaya untuk si buah hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com