Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpisah Selama 60 Tahun, Dua Sahabat Ini Ternyata Saudara Kandung!

Kompas.com - 31/08/2014, 12:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com - Sedari mereka masih anak-anak, tepatnya pada tahun 1950-an, Duncan Cumming dan Ron Cole tumbuh sebagai sepasang sahabat di Ottawa, Kanada. Namun, pada tahun 2013 silam, lewat penyelidikan yang tak direncanakan terkuak fakta bahwa keduanya adalah saudara kandung!

Cumming dan Cole kecil kali pertama bertemu di sebuah sekolah negeri di Kanada. Semenjak itu, mereka seperti tak terpisahkan sebagai sepasang sahabat. Lebih kurang dua hingga tiga tahun persahabatan keduanya terjalin.

Sayangnya, salah satu dari keluarga mereka mesti pindah kota, dan akhirnya harus memisahkan dua sahabat ini selama 60 tahun.

Menurut Ottawa Citizen, keduanya mengaku merasa tidak memiliki persamaan fisik yang kentara, sehingga mereka tak pernah curiga bahwa ternyata mereka adalah saudara kandung.  

 “Kami adalah sahabat yang tak terpisahkan saat masih bersekolah dulu. Tak pernah sedikit pun terlintas bahwa ternyata kami adalah kakak beradik,” ujar Cumming. “Ini benar-benar sulit dipercaya,”.

Sebuah yayasan non-profit bernama Parent Finders Ottawa di Kanada, yang merilis informasi pada keduanya bahwa mereka merupakan saudara kandung yang terpisah akibat proses adopsi kala masih bayi.

Tak dimungkiri kondisi yang dialami oleh Cumming dan Role seperti sebuah keajaiban yang mustahil. Menurut juru bicara Parent Finders, keduanya akan dipertemukan kembali pada bulan September 2014 mendatang.

Namun demikian, pada bulan Januari 2014 lalu, kejadian serupa pernah dialami oleh dua sahabat wanita di Tulane University, yang ternyata saudara satu ayah lain ibu. Mereka berbagi DNA lewat donor sperma dari satu ayah.

Kemudian, jauh bertolak ke tahun 2012, peristiwa yang sama juga pernah terjadi pada dua anak lelaki yang bertemu di sebuah kolam renang umum. Kemiripan fisik keduanya sulit untuk diacuhkan begitu saja. Akhirnya, selidik punya selidik, belakangan baru diketahui bahwa mereka lahir dari satu ibu dan terpisah akibat proses adopsi.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com