Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2014, 13:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com - Ungkapan yang mengatakan bahwa mengeluh dan menyesali keputusan bisa membuat tubuh serta wajah Anda cepat menua, ternyata ada benarnya. Setidaknya begitulah kesimpulan yang diungkapkan oleh Stefanie Brassen dan rekan di University Medical Centre Hamburg-Eppendorf, Jerman.

Menurut Brassen, orang yang selalu mengeluh dan menyesali pilihannya cenderung memiliki sifat impulsif dalam bertindak. Hal yang demikian merupakan cara mereka dalam berkompromi terhadap keputusan buruk sebelumnya. Alhasil, mereka merasa “berutang” pada diri sendiri untuk membuktikan bahwa usaha mereka selanjutnya akan memberikan hasil yang baik.

Naasnya, keputusan terbaru yang diambil tanpa pertimbangan dan pemikiran mendalam, lagi-lagi membawa mereka pada kenyataan yang kurang kondusif. Akhirnya, mereka menjadi muram dan depresi.

Seperti kita ketahui bahwa sinar bahagia yang membuat wajah tampak lebih rupawan itu berasal dari suasana hati. Jadi, saat seseorang sering muram, stres, dan depresi, otomatis kualitas kekencangan kulit pun bakal menurun. Seiring waktu, meski usia masih terbilang muda, wajah dan tubuh Anda akan dipenuhi garis-garis keriput. 

Sementara itu, hasil penelitian terhadap sejumlah orang yang lebih santai dan pasrah, mereka terlihat lebih bahagia dan banyak tertawa. Selain itu, kemampuan mereka dalam mengendalikan emosi terbilang stabil.

Umumnya, mereka yang jarang menyesal dan mengeluh lebih dapat menghargai usaha keras yang telah mereka kerahkan, meskipun hasilnya kurang baik. Alhasil, pancaran wajah mereka cenderung lebih awet muda dibandingkan orang-orang yang hobi mengeluh setiap saat.

Kesimpulan tersebut diatas telah dipublikasikan pada Science Express Journal berikut saran dan rekomendasi dari peneliti. Brassen dan rekan-rekan menyarankan agar kita melatih diri untuk selalu berpikir positif dan jangan menyerah dalam mencari hikmah serta titik terang di setiap upaya dan perjuangan hidup yang kita lewati selama ini.

Cara yang demikian dipercaya lebih efektif dalam membentuk kesehatan mental kita di usia tua nanti. Selain itu, juga lebih ampuh dibandingkan produk antiaging terbaik dan termahal sekali pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com