Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astaga… Sering Nonton Film Laga Bisa Buat Tubuh Makin Gendut

Kompas.com - 03/09/2014, 19:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Bagi Anda yang berencana menonton film terbaru Scarlet Johansson bertajuk Lucy akhir pekan ini, sebaiknya hindarilah gerai makanan dan minuman ringan di bioskop. Sebab, sebuah penelitian mengatakan bahwa film action bisa meningkatkan nafsu makan terutama jenis kudapan manis.

Dr Aner Tal dari Cornell University, Amerika Serikat, menyimpulkan hasil penelitian yang mengatakan bahwa saat menonton film laga sembari menyamil sangat “berbahaya” bagi Anda yang tengah menjalani diet.

Pasalnya, film bioskop atau televisi yang sarat dengan aksi laga nan menegangkan bisa mendongkrak keinginan untuk menyamil dua kali lipat.

Penelitian ini melibatkan 94 pelajar yang menonton televisi selama 20 menit, pada sebuah ruangan yang lengkap dengan kudapan manis, seperti cokelat, biskuit, dan buah-buahan.

Mereka dibagi dalam dua kelompok penelitian untuk menonton genre film yang berbeda. Kelompok satu menonton film action, The Island, yang dibintangi oleh Ewan McGregor dan Scarlett Johansson. Kemudian, kelompok kedua menonton talk show populer, Charlie Rose Show.

Hasilnya, kelompok yang menonton film The Island ditemukan mengonsumsi kudapan ringan lebih banyak dibandingkan kelompok yang menyaksikan acara talk show.

“Mereka yang menonton The Island mengudap lebih banyak dua kali lipat dibandingkan mereka yang menonton talk show. Lalu, ketika film tersebut ditayangkan tanpa suara, ternyata hasil penelitian  tidak berbeda secara signifikan. Mereka tetap semangat nyemil,” ujar Brian Wansink, seorang profesor sekaligus direktur pada Cornell's Food & Brand Laboratory di New York.

Menurut Dr Tal yang menyebabkan seseorang sering mengudap saat menonton, bukan dikarenakan jenis camilan yang menemani mereka, melainkan genre film pilihan mereka. Singkatnya, film yang ramai adegan berkelahi, penembakkan, dan darah, tanpa disadari bisa mengganggu konsentrasi dan pikiran. Nah, untuk mengembalikan ketenangan pikiran, tubuh membutuhkan makanan manis dalam jumlah yang lebih banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com