Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Pertanyaan Legendaris Joan Rivers Ubah Tren Jurnalisme “Fashion” Dunia

Kompas.com - 05/09/2014, 11:34 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Untuk Anda pecinta mode dan terbilang “khusyuk” dalam mengikuti parade karpet merah perhelatan hiburan di Hollywood, pasti akrab dengan pertanyaan “Who’s your wearing?” yang kerap dilontarkan para jurnalis saat mewawancarai para aktor dan aktris.

Sosok yang mempelopori pertanyaan tersebut adalah seorang legenda mode, Joan Rivers, yang baru saja wafat di usia 81 tahun pada hari Kamis (4/9/14) di Mount Sinai Hospital, New York, Amerika Serikat.

Seperti dikutip eonline, sang putri Melissa Rivers dalam pertanyaan tertulis mengatakan bahwa Joan menghembuskan nafas terakhir pada pukul 1.17 dini hari setelah berjuang melawan koma satu minggu terakhir ini.

Perjalanan karier Joan, khususnya sebagai presenter fashion, tak lepas dari kerjasama kompak dengan putri tunggalnya Melissa. Mereka berdua telah mengubah cakrawala warta mode dunia, dengan satu pertanyaan sederhana tapi lumayan mengintimidasi, “Who’s your wearing?” atau (Busana siapa yang kamu kenakan?)”.

Joanlah orang pertama yang mengajukan pertanyaan tersebut, yang kemudian diikuti oleh pewarta mode untuk menanyakan hal yang sama di setiap perhelatan karpet merah, tak hanya di AS tapi juga dilakukan oleh jurnalis mode dan gaya hidup di dunia.

Setelah menanyakan pertanyaan tersebut, Joan akan menilai gaya busana mereka lewat kategori terbaik dan terburuk. Bagi mereka yang dianggap terbaik akan mendapatkan pujian dari Joan, tapi naas bagi yang dinilai buruk, sebab wanita yang semasa hidupnya  gemar melakukan operasi plastik ini tak segan-segan melontarkan komentar pedas dan ofensif.

Itulah latar awal dari konsep program “Fashion Police” yang resmi tayang sedari tahun 2010 hingga sekarang di stasiun televisi E!. Pada tayangan tersebut Joan ditemani oleh tiga orang partner yang juga pakar dalam dunia mode, Giuliana Rancic, Kelly Osbourne, dan George Kotsiopoulos.

Kritikan dan komentar dari Joan memang sarat dengan kesan sinis. Tak pelak dirinya banyak dihujat sejumlah selebriti wanita, salah satunya Kristen Stewart. Namun demikian, tak sedikit orang yang menyayangi dan memahami selera humornya yang “pedas” tersebut.

Selamat jalan Joan Rivers… you will be missed!

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com