Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paris van Java Mantap Jadi Pusat Busana Muslim Tanah Air

Kompas.com - 14/09/2014, 11:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Bandung, kota kembang nan kreatif dan terkenal dengan ragam kuliner dan pilihan destinasi belanja,  mulai mengubah haluan tren mode seiring dengan perkembangan tren di ranah mode Indonesia.

Dahulu, Bandung terkenal dengan rangkaian toko yang menawarkan jeans berkualitas, sejumlah distro dengan koleksi busana terkini untuk anak remaja, serta factory outlets yang penuh sejumlah produk sisa eksport masih layak guna. Kini, kota Paris di tanah Jawa ini memiliki magnet baru yang sangat menjanjikan dalam industri mode tanah air, yakni pusat busana muslim.

Terbukti, saat dilaksanakannya Fashion Tendance 2015 oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) cabang Jawa Barat dengan tema 'Estructura' pada tanggal 11 September 2014 di Hotel Hilton, Bandung, pembagian porsi untuk pergelaran busana muslim terbilang cukup seimbang, yakni dengan menampilkan karya 10 perancang busana muslim yang tergabung dengan APPMI cabang Jawa Barat.

Harry Ibrahim, selaku Ketua APPMI cabang Jawa Barat saat diwawancara pada konfrensi pers acara Estructura mengatakan, "Baju muslim untuk Jawa Barat paling kuat rasanya untuk se-Indonesia. Terbukti perancang busana muslim di Indonesia paling banyak di Jawa Barat, dan hijabers di Jawa Barat komunitasnya kuat,"

Lalu, Pasar Baru di Bandung yang terkenal menjadi pusat busana muslim di Bandung, kata Harry, menjual dalam partai besar untuk para pedagang asal Malaysia, sampai-sampai transaksi pun dilakukan dengan mata uang Ringgit.

"Jangan salah kalau kita ke Kuala Lumpur, beli pakaian busana muslim, itu buatan Pasar Baru," terangnya sambil berkelakar.

Selain itu, Jawa Barat juga memiliki ciri khas busana muslim yang membedakan dengan daerah-daerah lain di Indonesia, khususnya yang tergabung dalam APPMI.

Menurut pantauan Kompas Female selama berada di Bandung, memang benar bahwa busana muslim berhasil memikat hati para pelancong untuk berbelanja. Contoh sederhana seperti yang terjadi di beberapa factory outlet yang berlokasi di jalan Riau, yang dulu berfokus menjual busana konvensional, sekarang mulai menambahkan koleksi-koleksi busana muslim.

Jika ingin lebih puas dalam segi kualitas dan model beragam, sederetan butik di jalan Buah Batu wajib Anda kunjungi untuk menambah koleksi busana muslim. Sebab, sejumlah koleksi dari perancang terkenal Indonesia hadir di sana. Terakhir, pilihan busana muslim murah meriah bisa Anda temukan di  daerah Pasar Baru.

Semoga saja harapan semua kalangan menjadikan Indonesia sebagai pusat mode busana muslim di tahun 2020, dapat menjadi kenyataan. Salah satunya bisa dimulai dengan samarak pilihan busana muslim pada sejumlah butik dan gerai di Jawa Barat, khususnya Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com