Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2014, 15:53 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com — Antara kopi dan tidur siang, mana yang lebih baik untuk meningkatkan fokus dan kemampuan dalam beraktivitas? Seperti dikutip dari Reader’s Digest Asia, berikut uraian mengenai manfaat dua hal yang dibutuhkan manusia, tetapi bisa menimbulkan dampak negatif pada kehidupan jika dilakukan atau dikonsumsi secara berlebihan.  

Minumlah kopi sebelum berlari
Kafein dapat meningkatkan kekuatan dan kecepatan Anda dalam berlari, sebanyak satu sampai tiga persen. Bagi Anda yang memiliki berat badan mencapai 77 kilogram, minumlah secangkir kopi, setidaknya satu jam sebelum mulai berolahraga.

Tidur siang sebelum ujian
Satu hari sebelum ujian atau tes masuk kerja, luangkan waktu selama satu jam untuk tidur siang. "Satu jam tidur siang bisa membantu memori Anda dalam menyimpan informasi yang dibutuhkan," ujar Wiliam Fisbein, psikolog dan neuroscientis City University of New York, Amerika Serikat.

Minum kopi dan tidur siang untuk memperbaiki mood
Menurut penelitian, mengonsumsi kopi sebelum tidur siang dapat membuat Anda terbangun dengan hati yang lebih bahagia.

Tidur siang tingkatkan kreativitas 
Sejumlah ide ditemukan lewat mimpi. Maka dari itu,  Anda yang bekerja di ranah kreatif dianjurkan untuk cukup tidur siang. Terkait teori ini, tak heran jika kantor Google dan Yahoo menyediakan fasilitas ruangan untuk tidur siang bagi karyawan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com