Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktif di Media Sosial Ternyata Bisa Bikin Langsing

Kompas.com - 16/09/2014, 13:00 WIB


KOMPAS.com
— Sebuah penelitian dari Imperial College London mengungkap fakta terbaru bahwa aktif di media sosial ternyata bisa bikin langsing. Penelitian ini menguji 12 penelitian sebelumnya, terkait hubungan layanan jejaring sosial dengan upaya penurunan berat badan.

Adapun 12 penelitian tersebut tersebar di berbagai wilayah, seperti Amerika Serikat, Eropa, Asia Timur, dan Australia, dengan melibatkan jumlah total partisipan sebanyak 1.884 orang.

Hasilnya, ditemukan terjadi penurunan berat badan dan indeks massa tubuh (BMI) secara kolektif pada sebagian besar orang. "Media sosial memang bertujuan awal memudahkan Anda untuk berkomunikasi. Namun, saat ini tersedia berbagai macam layanan kesehatan yang bisa Anda manfaatkan," kata penulis utama studi, Dr Hutan Ashrafian.

Lebih lanjut, dalam penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Health Affairs, Hutan menjelaskan, salah satu contoh layanan kesehatan yang bisa mendorong kita menurunkan berat badan, di antaranya aplikasi berlari, bersepeda, atau bahkan situs yang menyediakan makanan sehat.  

Namun, meski ditemukan fakta terbaru bahwa aktif di media sosial ternyata bisa bikin langsing, hal ini tidak bisa dijadikan solusi instan. "Obesitas saat ini telah berubah menjadi epidemi global yang harus ditangani secara bersama-sama. Membangun kesadaran diri sendiri untuk melawan obesitas adalah langkah awal yang cukup berpengaruh," Hutan melanjutkan. (Chatarina Komala)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com