Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Gembira untuk Wanita Indonesia yang Berkulit Gelap

Kompas.com - 16/09/2014, 17:15 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com — Tak sedikit wanita Indonesia yang sering mengeluh dengan warna khas kulitnya, yaitu sawo matang. Lalu, tak sedikit pula yang berlomba-lomba memutihkan dan mencerahkan warna kulit dengan berbagai perawatan kulit terkini.

Menurut Dr Lilik Norawati, SpKK, kulit sawo matang memiliki kelebihan dibandingkan warna kulit lainnya. “Pertama, rata-rata kulit wanita Indonesia bewarna sawo matang, di mana dalam pembagian jenis kulit berdasarkan Fitzgerald, tipe kulit wanita Indonesia berada pada tipe 4 sampai 6, yakni memiliki daya proteksi sinar matahari yang baik, karena memiliki lebih banyak melanin. Kedua, kulit orang Indonesia jelas lebih kenyal dibandingkan orang Barat, atau etnis Kaukasia. Kemudian, yang ketiga, lapisan kulit teratas orang Indonesia lebih padat, maka tak heran tidak cepat mengalami penuaan. Terakhir, kulit orang Indonesia memiliki lebih banyak kelenjar keringat," urainya pada media gathering produk perawatan kecantikan POND’s, di Leatris Room, Hotel Mulia Senayan, Selasa (16/9/2014) ini.

Dari empat karakteristik yang dijelaskan oleh dokter yang akrab disapa dokter Nora ini membuktikan bahwa kulit wanita Indonesia memiliki banyak keuntungan, salah satunya risiko terkena penyakit kanker kulit lebih rendah. Tentunya ini merupakan sebuah informasi yang menenangkan bagi Anda yang gemar berjemur dan berenang pada siang hari.

Namun demikian, dokter Nora menambahkan bahwa sebaiknya Anda jangan menghiraukan dampak dari paparan langsung sinar matahari. Untuk membantu regenerasi kulit agar lebih terawat dan terhindar dari penuaan dini, ia menyarankan untuk rajin merawat kulit dengan rutin mengaplikasikan losion pelembab setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com