Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksesori Gelang “Loom Band” Aman untuk Anak, asalkan…

Kompas.com - 18/09/2014, 07:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com — Pada artikel terdahulu yang disarikan DailyMail, disiarkan bahwa aksesori pendamping pada gelang loom band yang disebut loom charm mengandung phthalates yang dapat memicu kanker.

Menanggapi hal tersebut, Early Learning Centre (ELC), gerai mainan anak yang berasal dari Inggris dan telah berdiri selama 40 tahun memberikan kiat praktis untuk memilih loom band dan loom charms yang bebas phthalates.

“Sebagai retailer, ELC memiliki sertifikasi dari merek gelang loom band  bernama Rainbow Bloom. Produk ini latex free, terbukti tidak beracun, dan aman untuk anak-anak,” jelas Abi Shihab, Marketing Manager Early Learning Centre, saat ditemui hari Rabu (17/9/2014) pada perhelatan acara 40 tahun ELC, di The Cloud, The Plaza, Jakarta Pusat. 

Abi menyarankan kepada para orangtua untuk berhati-hati saat memilih loom band. Lebih lanjut, Abi mengatakan bahwa orangtua yang membeli Rainbow Bloom akan diperlihatkan terlebih dulu produk gelang tersebut. Tujuannya agar orangtua bisa merasakan dan menghirup sendiri aroma dari Rainbow Bloom, sebelum telanjur membayar.

Fenomena dan popularitas loom band yang sedang naik daun tentunya membuat beberapa pihak yang tak bertanggung jawab tertarik memalsukan produk ini. Menurut Abi, loom band yang mengandung racun itu berbau dan memiliki rasa yang pahit.

Selain itu, gelang loom band dan loom charms palsu dibanderol dengan harga murah. Di ELC sendiri, Rainbow Loom dijual dengan harga Rp 329.000 untuk starter kit. Lalu, produk refill satu warna dipasarkan dengan harga Rp 99.000. Sementara itu, menurut pantauan Kompas Female, gelang loom band tanpa sertifikasi ditawarkan dengan kisaran harga Rp 20.000 hingga Rp 100.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com