Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Membuktikan, Pria Lebih Sering Berbohong Dibandingkan Wanita

Kompas.com - 18/09/2014, 07:40 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Daily Star

KOMPAS.com  Sebuah studi yang usai dihelat beberapa waktu lalu mengatakan bahwa pria lebih lihai dalam berbohong dibandingkan wanita. Tak hanya itu, studi juga membeberkan perbedaan alasan berbohong pada wanita dan pria. Penasaran? Ini uraiannya.

Studi yang mempelajari 2.000 responden di Inggris menemukan bahwa enam dari 10 orang mengaku memiliki pribadi yang “sangat” jujur, sedangkan 38 persen lainnya mengaku tidak terbiasa berbohong.

Seluruh tahapan studi menyimpulkan, pria berbohong sebanyak empat kali dalam satu minggu, sedangkan wanita hanya tiga kali dalam satu minggu.

Umumnya, wanita berbohong agar tidak menyakiti perasaan orang lain, sedangkan alasan pria berbohong demi keluar dari kesulitan finansial atau sekadar ingin memenangi perdebatan.

Perilaku seseorang saat berbohong acap kali ditutupi dengan kalimat “Aku baik-baik saja”, padahal sebenarnya sedang banyak pikiran dan gelisah. Kemudian, kebohongan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah pura-pura menyukai pemberian atau hadiah dari seseorang.

Studi juga menemukan fakta unik lain. Banyak orang berbohong dengan cara mengeluh mengenai harga suatu barang yang mahal, padahal sebenarnya hal tersebut sama sekali bukan masalah untuknya.

“Wanita berbohong demi melindungi orang lain dari rasa sakit hati dan kekecewaan, tetapi pria berbohong untuk menyelamatkan diri sendiri,” ujar juru bicara dari PayingTooMuch.com

Akhirnya, studi menguak data yang mengatakan bahwa 42 persen responden yang berbohong terjebak dalam masalah yang lebih sulit. Lalu, 27 persen lainnya mengaku kehilangan sahabat karena ketahuan berbohong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Star
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com