Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilkan Model Super Kurus, Emporio Armani pun Diprotes!

Kompas.com - 21/09/2014, 16:41 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com –
Pada Pekan Mode Milan 2015 yang tengah berlangsung hingga 24 September 2015 mendatang, sebuah merek busana papan atas, Emporio Armani, mendapatkan banyak kecaman dari berbagai pihak karena menampilkan sejumlah model bertubuh superkurus di atas pentas peraga.

Salah satu protes datang dari seorang penulis bernama Kyle Rankin, “Aku menyukai rancanganmu, selalu dan akan terus begitu, tapi tolong perbolehkan modelmu untuk MAKAN. Sangat sulit melihat mereka dengan tulang yang mononjol,"

Lalu, salah satu tamu yang hadir, Phoebe David, turut menyuarakan kejengkelannya di linimasa Twitter, "Model-model Armani terlihat begitu kurus menyakitkan. Bagaimana mereka bisa membiarkan ini terjadi?"

Ukuran dan berat badan model mode memang telah menjadi perhatian dunia semenjak tahun 2006 silam. Ini dipicu oleh karena kejadiaan naas yang dialami oleh seorang model asal Uruguay, Luisel Ramos, yang meninggal karena serangan jantung beberapa menit setelah turun dari panggung catwalk. Belakangan diketahui bahwa model berusia 22 tahun tersebut melakukan diet yang sangat tak sehat untuk mengurangi berat badannya.

Berdasarkan kejadian tersebut, CFDA (Council of Fashion Designers of America), merilis aturan yang mengatakan bahwa model dengan indeks massa tubuh di bawah 18 dilarang di acara pekan mode.

Lalu, pada tahun 2012, salah satu majalah mode terbesar di dunia, Vogue, membuat salah satu langkah berarti untuk melindungi kesehatan para model dengan melarang menampilkan seluruh model yang berusia kurang dari 16 tahun atau siapapun yang terlihat seperti memiliki masalah gangguan makan.

 


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com