Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2014, 17:48 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com -
Talenan yang terlalu sering digunakan, dapat berubah warna menjadi kekuningan. Hal ini tentunya membuat Anda ragu, apakah talenan masih layak diguankan atau tidak. Nah, berikut ini beberapa cara mudah untuk membersihkan talenan agar terlihat seperti baru dan bebas warna makanan.

1. Perasan air lemon
Jika Anda suka mencacah jenis makanan yang meningalkan bekas di talenan seperti kunyit, atau buah bit, gunakanlah perasan air jeruk lemon untuk membersihkan talenan. Caranya, oleskan jeruk lemon dan peras airnya ke talenan sesaat setelah digunakan, lalu diamkan beberapa saat, kemudian bilas. Hasilnya talenan akan bebas dari bekas warna makanan.

2. Rendam dengan cuka
Jika Anda memotong atau mencacah bahan makanan atau bumbu di talenan plastik, ini akan meninggalkan warna kekuningan atau kecoklatan. Nah, untuk membersihkannya, campurkan dua sendok teh cuka dengan air, kemudian gunakan untuk merendam talenan, lalu diamkan selama 10 menit. Selanjutnya, cuci talenan dengan sabun pencuci piring sampai bersih.

3. Gosok dengan garam
Cara terbaik untuk menggosok talenan adalah dengan menggunakan bahan alami, salah satunya garam. Sebelum mencuci talenan, gosokan garam pada talenan, agar bekas bahan makanan, dan kotoran dapat terangkat dengan lebih mudah.

4. Biji asam jawa
Jangan buang biji asam jawa ketika memasak karena biji asam jawa berguna untuk membersihkan talenan. Fungsinya sama seperti garam untuk digosokkan, apabila bekas makanan membandel, rendam talenan di dalam air asam jawa terlebih dahulu.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com