Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Satu Tahun Wanita Habiskan Ratusan Jam untuk Merasa "Bete"

Kompas.com - 23/09/2014, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Mulai dari khawatir dengan berat badan, panik akan kondisi keuangan, kekasih yang acuh tak acuh, hingga cuaca buruk, menjadi alasan yang paling sering membuat mood wanita buruk. Tak tanggung-tanggung, menurut penelitian, setidaknya wanita menghabiskan total 10 hari atau 240 jam dalam setahun untuk mengalami rasa jengkel tak berkesudahan.

Penelitian yang digelar oleh vitamin Healthspan, mengatakan bahwa 1000 responden wanita dan 1000 responden pria menghabiskan setidaknya lima jam dalam seminggu mengalami suasana hati yang menyebalkan. Namun, hasil tersebut diprotes responden pria dengan mengatakan bahwa wanita mengalami bad mood selama delapan jam dalam satu hari.

Hal yang demikian tak disanggah oleh responden wanita. Sebab, belakangan, satu di antara tujuh wanita mengaku sangat sering mengalami rasa bete, sedih, dibandingkan kebahagiaan. Kemudian, 67 persen wanita mengakui bahwa mereka cenderung lebih moody ketimbang pria.

Hillary Jones, seorang dokter yang sering menjadi pakar di sejumlah program televisi mengatakan bahwa wanita merasa kesal disebabkan oleh karena faktor hormonal. Menurutnya, alasan yang demikian lebih sering dialami oleh wanita daripada pria.

"Kita tidak seharusnya meremehkan efek hormonal. Hal tersebut juga berlaku untuk laki-laki. 40 persen laki-laki mengaku bahwa mereka jadi sering moody saat mencapai umur tertentu , dan menopause juga hal yang nyata bagi laki-laki, karena mengurangi produksi testosteron mereka." ucapnya.

Kemudian, seorang psikolog, Sally Brown, mengatakan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa baik pria maupun wanita, juga sama-sama mengalami suasana hati yang buruk dari waktu ke waktu.

Hasil akhir dari penelitian mengatakan bahwa untuk melalui masa-masa hati penuh rasa kesal ini, sebanyak 65 persen responden wanita menikmati “me time”, baik seorang diri atau bersama sahabat wanita lainnya. Sementara itu, suasana hati kaum pria dipengaruhi oleh pasangannya. Lalu, 68 persen responden pria mengaku tidak akan ikut campur atau memulai masalah ketika pasangan wanitanya mengalami bad mood.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com