Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2014, 16:36 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Dalam pernikahan, selain pasangan dan anak, ada satu pihak yang tak akan dapat dipisahkan, yakni mertua. Tak jarang, kebanyakan pasangan memilih untuk tidak tinggal serumah dengan mertua karena takut menghadapi perselisiha. Sebenarnya, hal yang demikian bisa dihindari, asalkan Anda tulus ingin mencoba. Berikut kiat mendekatkan diri dengan mertua:

1. Tunjukan minat saat mengobrol dengan mertua
Salah satu langkah penting untuk mendapatkan hati mertua adalah dengan menaruh perhatian dan minat saat mengobrol bersamanya. Ketika Anda terlihat dengan seksama memperhatikan, dan membalas obrolan mertua, maka ia akan merasa Anda adalah menantu yang peduli terhadapnya.

2. Beri penghargaan atas apa yang mertua lakukan
Tak ada orang yang merasa kesal saat perbuatan baiknya diapresiasi dengan tulus, tak terkecuali mertua. Jangan pelit memberikan mereka pujian dan juga ucapan terima kasih.

3. Bawakan hadiah
Hadiah atau kejutan manis tentunya membahagiakan mertua Anda. Anda dapat membawakan buah tangan seperti makanan, aksesori, atau buku dari penulis favoritnya.

4. Perlihatkan rasa peduli
Menunjukan kepedulian terhadap mertua adalah salah satu bukti bahwa Anda adalah menantu yang berbakti. Ingatlah bawa mertua juga orang tua Anda. Kesehatan dan kebahagiaan hidup mereka adalah hal penting yang harus diperhatikan.

5. Berbincang manis soal masa muda mereka
Salah satu cara membuat mertua senang adalah dengan menanyakan nostalgia zaman mereka masih muda. Anda juga bisa menanyakan masa kecil pasangan Anda, yang dapat membuat mereka merasa bersemangat dan bahagia kembali.

6. Tunjukan rasa hormat pada pasangan Anda
Saat Anda dapat menunjukan kasih sayang dan hormat pada pasangan Anda, terutama di depan mertua, secara tak langsung mereka akan bahagia karena anaknya menikah dengan orang yang tepat.

7. Carilah persamaan
Anda dan mertua hobi memasak? Cobalah habiskan waktu dengan memasak bersama di akhir pekan. Intinya, teruslah berupaya untuk memiliki waktu berkualitas dengan mereka.  

8. Intropeksi diri Anda
Jika Anda telah melakukan berbagai cara untuk merebut hati mertua, tetapi mertua masih menjaga jarak, maka bersabarlah sembari instropeksi diri. Cobalah mengerti pola pikir orangtua Anda, bisa jadi semua sikap kerasnya tersebut memang beralasan.

Selain itu, sikap dingin mertua mungkin saja oleh karena cara Anda yang terlalu berlebihan, atau terlihat palsu dalam menunjukan kepedulian, atau mungkin saja memang hati mereka belum terbuka untuk Anda karena beberapa persoalan. Jangan biarkan hal ini lantas membuat Anda benci pada mertua, karena bagaimanapun, mertua juga orangtua yang harus Anda rawat serta jaga perasaannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com