Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2014, 20:15 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - Bukan hanya wajah, kondisi rambut wanita juga mengalami perubahan sesuai rentang usianya. Selain faktor genetik, perubahan ini biasanya dipengaruhi oleh sejumlah faktor luar dari lingkungan, seperti stres, polusi udara, nutrisi yang tidak seimbang, asupan makanan tidak sehat, gangguan metabolisme, paparan sinar matahari, dan kandungan zat kimia.

Banyak wanita mengacuhkan perawatan rambut karena sibuk mencegah kerutan atau noda hitam pada area wajah. Akhirnya, pewarna rambut dianggap menjadi solusi ampuh untuk menutup rambut beruban tanpa mencegahnya dengan perawatan kesehatan rambut sedini mungkin.

Untuk mulai merawat rambut dengan cermat, kenali kondisi rambut Anda sesuai rentang usianya:

Usia 20-an
Rambut wanita di usia ini sedang dalam kondisi bagus. Pertumbuhan rambut juga begitu optimal sehingga rambut terlihat tebal dan lebat. Produksi minyak pada kulit kepala cenderung membuatnya cepat berminyak dengan kelembapan tinggi. Hormon estrogen pada usia 20-an biasanya berjalan normal dan stabil sehingga kondisi rambut masih terjaga kesehatannya.

Usia 30-an
Rambut masih tampak indah, meski tanda penuaan mulai terlihat karena mulai bermunculannya rambut putih. Jika tidak mengonsumsi asupan gizi seimbang dan dirawat secara intens seperti creambath  dua kali sebulan, maka tekstur rambut akan semakin rapuh dan pecah-pecah. Umumnya, kerontokan juga cepat terjadi karena pada usia 30-an metabolisme tubuh mulai melambat, yang ditandai berkurangnya massa otot sebanyak 10 persen.

Usia 40-an
Tanda penuaan semakin muncul saat wanita memasuki usia 40-an. Rambut terlihat tipis dan berkurang kelembapannya bahkan mulai patah dan rontok. Kulit kepala cenderung kering, serta pigmen rambut mulai memudar secara teratur.

Pada usia ini, tubuh wanita merespon nutrisi dan vitamin secara lambat yang berpengaruh pada terganggunya proses metabolisme tubuh. Frekuensi tumbuh rambut juga akan terganggu sehingga kerap menyebabkan kebotakan di beberapa tempat. Dianjurkan bagi wanita menggunakan hair tonic  setelah keramas, diakhiri pemberian serum untuk menutrisi batang, kulit kepala, dan folikel rambut. (Ridho Nugroho) 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com