Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2014, 11:14 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu sebuah studi sempat dihelat dan menemukan bahwa generasi muda zaman sekarang cenderung lebih rapuh dan lemah. Hal ini diakibatkan oleh karena mereka jarang bergerak, sehingga menyebabkan obesitas.

Dalam konfrensi pers acara "Skechers Go Walk Pink Ribbon" di Citywalk Sudirman, Jakarta Pusat, pada Selasa (7/10/2014) kemarin, Francis Wanandi, CEO Gold's Gym Indonesia, mengatakan bahwa obesitas sudah dialami oleh anak pada usia dini.

"Anak kecil sekarang sudah banyak yang masuk dalam kategori obesitas. Mengerikan, karena pertumbuhan obesitas sendiri pada anak sudah mencapai 30-40 persen," ucapnya.

Kemudian, Francis menguraikan hal-hal yang melatari berat badan anak meningkat, beberapa di antaranya adalah tata kota Jakarta yang tak ramah pada pejalan kaki dan fasilitas yang tak memadai untuk tempat gerak anak. Ini tentunya membatasi ruang gerak anak-anak, hanya seputar sekolah dan tempat tinggal.

"Tak ada lagi ruang untuk anak-anak bermain dan lari-lari. Sekarang, anak-anak memilih main gadget. Ditambah lagi dengan pola makan yang serba cepat dan tak sehat, membuat anak-anak makin tak sehat,” terangnya.

Selanjutnya, Francis menyampaikan bahwa di akhir tahun 2014, Gold’s Gym bakal membuat program kelas olahraga khusus anak-anak, yaitu "Born to Move". Kelas tersebut dikhususkan untuk anak usia 6 sampai 12 tahun. Kelas ini akan diselenggarakan pada akhir pekan dan tentunya mengusung konsep yang menarik untuk menumbuhkan minat olahraga pada anak. Salah satunya adalah aerobik dance hip hop.  

Kelas tersebut merupakan bagian dari perhatian mendalam Gold’s Gym untuk menurunkan jumlah anak obesitas. Tujuannya agar mereka dapat menjalani kehidupan lebih sehat dan berusia lebih panjang.

Lalu, olahraga seperti apa sih yang tepat untuk anak-anak?

Francis menganjurkan anak yang berusia 6 tahun untuk rajin berjalan cepat 1,5 kilometer setiap hari. Kemudian, anak-anak berusia 12 tahun ke atas, disarankan untuk berjalan 3 kilometer sehari seperti orang dewasa.

"Tanggung jawab kita semua untuk mengatasi obesitas pada anak,"imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com