Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memanjangkan Rambut Tak Bisa Serba Cepat dan Instan

Kompas.com - 09/10/2014, 16:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com –Pada umumnya wanita mendambakan untuk memiliki rambut yang panjang, sehat dan kuat. Untuk mendapatkannya, ada satu hal yang perlu Anda ketahui, ini membutuhkan proses. Jadi, hiraukanlah segala iming-iming produk perawatan rambut yang menawarkan hasil cepat dan instan.

Dermatolog Francesca Fusco, M.D dari New York, AS mengatakan, tidak ada cara ampuh untuk cepat memanjangkan rambut. Rambut yang panjang, kata dia, bisa diperoleh secara genetis. "Itu adalah faktor genetik. Tapi, ada cara yang bisa kita lakukan dengan merawat rambut kita," kata Fusco seperti dikutip dari Women's Health.

Untuk pertumbuhan rambut yang optimal, Fusco menyarankan agar rambut "diberi makan" baik dari dalam maupun dari luar. Salah satunya memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi, apakah memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh rambut.

"Diet yang sesuai, termasuk (konsumsi) protein yang cukup, Omega 3, dan vitamin B sangat penting. Saya sering bertemu pasien yang beralih ke diet vegan atau berpuasa dalam jangka panjang, akhirnya malah mengalami kerontokan rambut karena tidak cukup (mengonsumsi) protein," ujar Fusco.

Adapun memberi makan rambut Anda dari luar maksudnya adalah memakai sampo dan conditioner yang tepat dalam merawat kulit kepala sekaligus melembabkan rambut. Sama seperti wajah yang tak boleh diberi sabun sembarangan, hal yang sama turut berlaku pada rambut Anda.

"Kulit kepala yang sehat adalah dasar bagi rambut yang sehat," sebut Fusco. Oleh karenanya, ia menyarankan Anda memakai sampo yang mengandung minyak bunga matahari atau minyak almon. Selain itu, rajin mengaplikasikan kondisioner juga dapat membuat rambut lebih kuat, lembut, dan meningkatkan ketahanan dari tekanan dan stres yang bisa membuat rambut rontok.

Pertumbuhan rambut bisa dihambat oleh rambut yang rusak atau rapuh. Untuk itu, Fusco menyarankan Anda untuk membatasi kontak antara rambut dengan panas dan bahan kimia. Lindungi juga helaian rambut dari sinar matahari. Selain itu, saat menguncir rambut, gunakan ikat rambut yang cenderung longgar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com