Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desainer Muda Indonesia Punya Kesempatan Tembus Pasar Internasional

Kompas.com - 10/10/2014, 13:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com –
Jumlah desainer muda berbakat di Indonesia seiring waktu jumlahnya semakin tinggi. Kontribusi mereka dalam memperkenalkan budaya Nusantara di ranah mancanegara, tak bisa dipandang sebelah mata. Ini dibuktikan dengan sejumlah selebriti internasional yang acap kali mengenakan busana karya perancang muda Indonesia.

Demi mendukung mereka, Indonesia Fashion Forward bekerjasama dengan Galeries Lafayette Jakarta, mendirikan Fashion Lab berupa ruangan di lantai dua Galeries Lafayette Pacific Place, sebagai tempat memamerkan karya sembilan desainer, Tex Saverio, Toton, Major Minor, Monday to Sunday, Gloria Agatha, Patrick Owen, F Budi, Monstore, dan Yosafat Dwi Kurniawan.

Tujuannya tentu saja untuk mendekatkan karya para perancang tersebut dengan pengunjung Galeries Lafayette Jakarta yang berlokasi di Pacific Place, Jakarta Selatan.

Head of Marketing Galeries Lafayette Jakarta, Melissa Siswanto, menyatakan bahwa biasanya para desainer muda mengalami banyak hambatan untuk mewujudkan ide mereka. Oleh karena itu, Galeries Lafayette melalui Fashion Lab memberikan fasilitas dan ruang agar ide kreatif mereka dapat berkembang lebih baik.

"Program ini adalah di mana Galeries Lafayette melihat banyak potensi desainer muda. Butuh perjuangan bagi mereka untuk bisa ke pasar internasional baik produksi, marketing, networking. Kami sangat peduli dengan program ini, supaya desainer siap masuk ke pasar internasional," ujar Melissa kepada Kompas.com di Fashion Lab Galeries Lafayette, Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Melissa menjelaskan, satu di antara sembilan desainer yang turut berpartisipasi bakal mendapatkan kesempatan untuk memasarkan produk mereka di Galeries Lafayette yang berlokasi di beberapa negara di dunia.  "Nanti ada satu, yang penjualannya dan karyanya paling diapresiasi. Negara mana, tergantung buyer negara yang tertarik memboyong karyanya," ujar dia.

Fashion Lab pertama kali digagas tahun 2004 di Galeries Lafayette Berlin, Jerman, dengan nama Labo Mode. Galeries Lafayette, kata Melissa, telah berhasil menelurkan desainer-desainer yang kini karyanya dikenal luas, seperti Sonia Rykiel, Yves Saint-Laurent, dan Jean Paul Gaultier.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com