Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2014, 11:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Salah satu gaya hidup dunia barat yang cepat diadaptasi oleh sejumlah besar wanita modern di Tanah Air adalah ritual berpesta dengan sajian minuman alkhol yang umum dihelat pada akhir pekan. Jika Anda salah satu wanita yang memiliki hobi demikian, hati-hati…

Sebuah studi yang dilakukan di University of Berlin, Jerman, mengemukakan hubungan antara penuaan dini dan tingkat alkohol pada sistem tubuh. Hasil studi menunjukkan bahwa alkohol dapat menurunkan antioksidan pada kulit Anda, sehingga kulit pun rentan mengalami stren dan terpapar zat oksidatif yang bisa memecahkan kolagen serta elastin.

Direktur penelitian yang bertugas di Mount Sinai Hospital, New York City, Joshua Zeichner, mengatakan bahwa wanita yang sering minum alkohol terlihat lebih tua dari usia yang sesungguhnya. Ini disebabkan oleh karena alkohol membuat timbulnya garis-garis halus dan keriput. Selain itu, tekstur kulit pun jadi tidak merata.

“Penelitian ini tidak konklusit, tetapi dapat menjadi acuan dan latarbelakang dari serangkaian penelitian baru di masa datang, seputar perawatan kulit dan kosmetik,” ucap Zeichner.

Kemudian, Zeichner menyarankan, jika ingin berpesta sembari minum alkohol, maka Anda jangan sampai lupa untuk memulaskan antioksidan dan losion topikal keesokan harinya.

Cara lain yang disarankan adalah mengaplikasikan serum dan losion wajah yang mengandung antioksidan sebelum mengenakan pelembab wajah di pagi hari dan esok lusa. Jika diperlukan tambahkan krim tabir surya untuk meredam pertumbuhkan flek hitam.

Untuk mencegah penuaan dini, Vitamin E merupakan solusi jitu. Namun, pastikan kulit dan tubuh Anda tidak memiliki alergi dan menolak jenis vitamin ini. Sebab, Vitamin E mengandung antioksidan yang tinggi dan berminyak. Pada mereka yang memiliki kulit sensitif dan rawan jerawat, sebaiknya hindari Vitamin E.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com