Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Pendiri "Wikileaks" Bakal Merambah Dunia Fashion

Kompas.com - 17/10/2014, 13:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber stylist

KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal situs kontroversial Wikileaks.org yang tersohor dengan aksi membocorkan informasi-informasi rahasia secara anonim? Nah, kabarnya pendiri Wikilieaks, Julian Assange, mengumumkan minat baru yang akan segera ditekuninya, yakni membuat lini busana teranyar. 

Belum diketahui seperti apa skonsep dan gaya rancang busana rilisan Assange itu. Namun, Assange mengungkapkan, dirinya akan bermitra dengan perusahaan dari India yang nantinya bakal memproduksi koleksi karyanya tersebut.

Adapun hasil penjualan busana tersebut akan digunakan untuk mendanai situs Wikileaks yang hingga saat ini memang bertahan atas donasi dari berbagai pihak. "India adalah salah satu negara yang memiliki pengetahuan tertinggi akan Wikileaks. Julian sangat senang dengan rencana itu," kata perwakilan Wikilekas, Olafur Vignir Sigurvinsson.

Assange, 43 tahun, pertama kali muncul ke publik pada tahun 2010 silam. Pada saat itu, situs buatannya mempublikasikan bocoran dokumen militer dan diplomatik Amerika Serikat. Dokumen tersebut diperoleh dari mantan personel US Army, Chelsea Manning.

Nah, berdasarkan informasi yang diperoleh, koleksi busana yang akan diproduksi Assange akan menampilkan rangkaian slogan pemberontakan, seperti misalnya "Enemy of the State" atau "Musuh Negara" dan sebagainya.

Debut Assange di jagat mode ini tidak bertujuan untuk bisa sejajar dengan brand fashion pria, yang telah lebih dulu mapan,  seperti Balmain dan Givenchy. Namun, pastinya langkah Assange ini akan disorot dunia.

Sebenarnya, ambisi Assange untuk menginjakkan kaki di industri mode bukan yang kali pertama beredar. Sebab,  pada bulan Juni lalu, Assange yang merupakan warga negara Australia sempat diundang untuk berjalan di atas pentas peraga mengenakan busana rancangan Ben Westwood, putra perancang busana tersohor dunia Vivienne Westwood.

Namun, sayangnya Assange tak bisa memenuhi undangan tersebut karena alasan kesehatan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com