Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Pelantikan Jokowi - JK, Anggota Dewan Kompak Kenakan Busana Tradisional

Kompas.com - 20/10/2014, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Hari ini, Joko Widodo dan Jusuf Kalla resmi diambil sumpahnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI yang ketujuh. Pelantikan dan pengambilan sumpah Jokowi-JK dilakukan hari ini di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

Dalam acara pelantikan Jokowi-JK tadi pagi, terlihat tamu-tamu undangan maupun anggota MPR/DPR mengenakan berbagai gaya kebaya yang dipadankan dengan kain batik, tenun, maupun songket. Ragam corak dan warna memperkaya penampilan mereka secara menyeluruh.

Pantauan Kompas Female, terlihat beragam model kebaya yang dikenakan. Ada yang mengenakan kebaya brokat dan baju kurung. Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo, terlihat mengenakan kebaya jenis kutubaru berwarna oranye, sementara Ibu Ani Yudhoyono mengenakan kebaya cantik berwarna biru.

Selanjutnya, beberapa artis dan pesohor lainnya juga mengusung busana tradisional dengan berbagai gaya rancangan. Desy Ratnasari terlihat mengenakan kebaya brokat berwarna merah jambu yang menyerupai gaun modern. Lalu, Rahayu Saraswati, keponakan Prabowo Subianto yang terpilih menjadi anggota dewan, mengenakan kebaya berwarna hitam dengan hiasan berwarna merah jambu.

Artis sekaligus politisi Partai Demokrat, Vena Melina, mengenakan kebaya brokat berwarna biru. Sementara itu, artis Rieke Diah Pitaloka memakai kebaya berwarna merah dan Rachel Maryam Sayidina mengenakan kebaya berwarna putih.

Untuk tata rias, secara umum para tamu undangan maupun anggota dewan wanita mengaplikasikan riasan wajah sederhana dan ringan yang sesuai untuk acara pada siang hari.

"Saya tidak ada persiapan khusus. Sederhana saja, untuk make up juga tidak ada persiapan yang gimana-gimana," ungkap Rachel saat berbincang dengan Kompas Female.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com