Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersikap Baik kepada Orang Lain Ampuh Halau Stres

Kompas.com - 21/10/2014, 08:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com — Selain masalah keluarga dan konflik antarsahabat, beban pekerjaan merupakan salah satu faktor yang rentan membuat seseorang mengalami stres.

Untuk Anda yang menjalani profesi yang sarat dengan tekanan, penting untuk mengetahui teknik sederhana yang tepat supaya cepat kembali fokus pada tujuan kerja. Berikut uraiannya.

Manjakan diri dengan makanan favorit
Saat sedang dilanda stres, menjamu diri sendiri dengan makanan favorit tanpa mengkhawatirkan berat badan dipercaya dapat meredakan tekanan yang Anda rasakan. Menurut studi yang dipublikasikan pada Journal of Proteome Research terungkap bahwa mengudap cokelat hitam sebanyak 1,4 ons mampu menurunkan hormon kortisol (hormon stres) serta katekolamin dalam tubuh. Selain itu, jenis makanan ini juga dapat menurunkan rasa gelisah dan meningkatkan energi untuk lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan.

Bersikap baik kepada orang lain
Siapa yang tak senang dipuji? Bukan hanya Anda, orang lain sekitar Anda pun merasakan hal yang sama. Maka dari itu, tebarkanlah kebaikan di lingkungan sekitar. Percayalah bahwa apa yang kebaikan yang Anda beri bakal kembali kepada Anda dalam bentuk kebaikan.

Menyayangi hewan
Hanya penyayang hewan yang mengerti bahwa rasa sayang dari hewan peliharaan bisa membuat Anda sejenak waktu untuk melupakan stres.

Merencanakan liburan
Berfantasi soal liburan impian dan merencanakannya, menurut sebuah penelitian, dapat melonggarkan tekanan dalam pikiran Anda.

Lakukan satu perbuatan baik
Bersedekah, membantu anak kecil atau orangtua menyeberang jalan, dan sebagainya, mampu menciptakan senyuman dan membuat hati yang sebelumnya sesak menjadi lebih lapang serta bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com