Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sengaja Melewatkan Waktu Makan Bisa Menggagalkan Diet

Kompas.com - 22/10/2014, 07:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Dambaan ingin memiliki tubuh yang langsing dan kencang, tak ayal membuat sejumlah wanita jadi begitu terobsesi. Lalu, banyak pula yang menjalankan diet dengan ekstrim, yaitu melewatkan waktu makan siang. Menurut sebuah penelitian, cara yang demikian malah membuat berat badan rentan melonjak dari angka sebelumnya.

Seorang pakar diet dari Tufts University, Trandi Konikoff, mengatakan sengaja melewatkan waktu makan justru mengacaukan tujuan penurunan berat badan. Selain, kebiasaan memuntahkan makan atau yang disebut bulimia, bisa membuat tubuh “merana”, karena metabolism turun sementara kalori dalam tubuh tetap menumpuk.

Menurut hasil studi di University of Rochester Medical Center, yang mengatakan bahwa melewatkan waktu makan dapat menurunkan metabolisme tubuh sehingga proses penurunan berat badan semakin sulit.

Disarankan untuk menjalani program diet dengan ekspektasi yang masuk akal. Sebab, pada banyak kasus diet gagal dikarenakan seseorang terlalu berambisi secepat mungkin mencapai berat badan impian. Padahal, sebenarnya, sistem pencernaan pada tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi pada pola makan Anda.

Jadi, apabila diet Anda baru berjalan selama dua minggu, jangan mendadak kesal karena berat badan belum kunjung berkurang. Bersabarlah, diet yang dijalani secara teratur dan sehat selama satu bulan pasti bakal memperlihatkan hasil sedikit demi sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com