Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikah Bukan Jaminan Seseorang Tidak Akan Merasakan Kesepian

Kompas.com - 23/10/2014, 14:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com –Berada di tengah-tengah orang banyak, tak berarti membuat orang tidak bisa merasa kesepian. Sebab, rasa kesepian bukan berdasarkan jumlah orang di sekeliling Anda, tapi lebih kepada kualitas suasana hati.

Menurut sebuah survey, setidaknya 40 persen orang pernah merasa kesepian selama hidupnya. Namun, banyak juga yang tidak menyadari bahwa dirinya merasa kesepian.

Menurut psikolog Guy Winch, Ph.D., kesepian tidak hanya dialami mereka yang belum memiliki pasangan. Sebab, mereka yang sudah menikah pun bisa mengalami kesepian. Lebih kurang, sekitar 60 persen orang yang kesepian adalah mereka yang sudah menikah.

"Ketika pasangan suami istri sudah tidak berbagi rasa kasih sayang secara dalam, mereka tidak akan terkait lagi secara emosional, kondisi yang demikian menimbulkan kesepian. Ini membuat mereka merasa tersisih dan kesepian," ujar Winch, penulis The Squeaky Wheel: Complaining the Right Way to Get Results, Improve Your Relationships and Enhance Self-Esteem.

Lebih lanjut, Winch mengungkapkan bahwa pasangan suami istri akan merasa kesepian jika pasangan mereka tidak bisa lagi menawarkan hubungan emosional dan kehangatan. Dengan keadaan seperti ini, mereka akan rentan merasa kesepian dan tidak diperhatikan.

Perlu Anda ketahui bahwa rasa kesepian bisa membuat tubuh berada di bawah tekanan. Faktanya, rasa kesepian memberikan reaksi yang luar biasa dan langsung berdampak kepada tubuh, hingga meningkatkan tekanan darah dan kolesterol. Akibatnya, respon tekanan fisik dan psikologis pun bergerak semakin aktif.

"Oleh karena itu, perasaan kesepian yang kronis akan meningkatkan risiko jantung. Sebab, tubuh secara konstan berada di dalam tekanan. Makanya, orang yang mengidap kesepian akut akan lebih berisiko terkena penyakit kardiovaskular," sebut Winch.

Tak hanya itu, rasa kesepian pun akan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Sistem ini akan kurang berfungsi secara efisien dan menyebabkan tubuh jadi lemah hingga mudah terserang berbagai macam penyakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com