Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2014, 15:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Shutterstock Ilustrasi
KOMPAS.com –- Kuku tangan dan kaki yang kotor dan tidak terawat, akan membuat penampilan terlihat kurang sedap dipandang. Maka dari itu, sebagai wanita modern yang mawas penampilan, jangan menganggap remeh kebersihan dan efek tampilan menarik kuku cantik Anda.

Namun demikian, kebiasaan mengasah kuku dan mengilapkan kuku dengan nail art, ternyata bisa membuat kuku kuku rusak. Sebab, studi terbaru menemukan bahwa rutinitas merawat kuku tersebut dapat merusak lapisan kuku Anda.


Dalam tahapan dari  studi yang dipublikasikan pada jurnal Physical Biology tersebut, peneliti ingin mengetahui proses pertumbuhan kuku dan bagaimana rutinitas seperti mengasah serta memoles kuku agar mengilap dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan kuku. Studi juga menyebutkan bahwa perawatan yang demikian bisa membuat kuku berubah cembung seperti sendok.

Kemudian, peneliti menemukan bahwa ketika bentuk kuku diubah dengan alat bantu, maka struktur yang membantu pertumbuhan kuku bakal rusak dan menimbulkan gangguan serta rasa sakit.

Namun, peneliti juga menyatakan bahwa menggosok kuku dengan arah garis lurus, sebenarnya bisa menurunkan risiko terhambatnya pertumbuhan kuku, khususnya pada kuku kaki. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk mengurangi perawatan kuku yang sifatnya mengubah bentuk atau tampilan kuku dengan alat bantu, seperti misalnya filling atau trimming. Sebab, cara ini akan membuat kuku Anda dapat tetap sehat dan tumbuh dengan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com