Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Kehamilan Kedua, Bibir Kate Middleton Pecah-pecah

Kompas.com - 24/10/2014, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Parenting


KOMPAS.com - Istri Pangeran William, Kate Middleton tengah mengandung anak keduanya. Seperti yang marak diberitakan, selama masa kehamilan ini, Kate terjangkit hyperemesis gravidarum, penyakit yang juga dideritanya saat mengandung putra pertamanya, Pangeran George.

Nah, sebenarnya apa itu penyakit hyperemesis gravidarum? Penyakit ini hampir tidak membahayakan janin di dalam kandungan. Namun, menyebabkan dehidrasi yang berisiko tinggi terhadap ibu yang sedang mengandung.

"Sindrom umumnya adalah mual dan muntah-muntah yang parah selama masa kehamilan," kata dr. David Ghausi, ahli obstetri ginekologi, di Los Robles Hospital Thousand Oaks, California, Amerika Serikat.

Biasanya, penderita hyperemesis gravidarum akan muntah setidaknya tiga kali sehari dan tidak dapat menelan makanan bahkan cairan. Akibatnya, penderita akan kehilangan elektrolit dan mengalami dehidrasi.

Adapun beberapa gejala yang mewajibkan penanganan medis atas penyakit ini antara lain:
1. Kehilangan berat badan antara 1,5 hingga 2,5 kilogram atau lebih.
2. Buang air kecil tidak teratur
3. Bibir pecah-pecah
4. Bibir kering
5. Pusing
6. Tidak mampu menelan makanan atau cairan

Ibu hamil yang menderita penyakit serupa dengan Kate, disarankan rajin mengonsumsi suplemen vitamin B6 dan jahe. Namun, jika gejala tambah parah, nutrisi lewat infus diperlukan. "Pada masa kehamilan 12 hingga 16 minggu kondisinya akan membaik, meskipun kadang penyakit ini bisa berlangsung selama masa kehamilan," ujar dr Ghausi.

Kabar gembiranya, penyakit ini sangat jarang terjadi, yakni hanya 5 persen wanita hamil yang berpotensi menderita hyperemesis gravidarum. Namun, banyak dokter yang tidak sepenuhnya memahami mengapa penyakit ini dapat terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Parenting
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com