Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Tanam Benang Lebih Unggul Dibandingkan Operasi Plastik?

Kompas.com - 24/10/2014, 19:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

KOMPAS.com – Saat Anda memutuskan untuk mengaplikasikan perawatan kecantikan terkini yang bersifat non-alamiah, seperti tanam benang, sebaiknya kumpulkan semua informasi dan pengetahuan sebelum melakukan prosedur. Sebab, tak bisa dimungkiri, banyak prosedur bedah kosmetika yang berisiko tinggi terhadap tubuh dan keselamatan Anda.

Menurut dr Sianne dari Klinik kecantikan Natasha Taman Anggrek, Jakarta Barat,  tanam benang punya banyak kelebihan dibandingkan operasi plastik, seperti proses pengerjaan yang terbilang cepat, hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk menunggu krim anestesi bekerja, dan proses pengerjaan yang hanya berlangsung 10-15 menit.

Selain itu, pascapengerjaan tanam benang, pasien dapat langsung beraktivitas. Sangat berbeda dengan pasien operasi plastik yang mengharuskan pasien untuk beristirahat dalam kurun waktu yang cenderung lama.  

Kelebihan lainnya, dr Sianne mengatakan, tanam benang tidak memberikan bekas apapun yang dapat menandakan bahwa seseorang melakukan perubahan dengan wajah atau bagian tubuhnya. Beda dengan operasi plastik, jika prosedur berakhir buruk maka bisa meninggalkan bekas sayatan atau luka permanen. Namun, perlu diingat, tanam benang juga memiliki efek samping pascatindakan, yakni memar, bengkak, kebiruan, benang yang keluar, dan yang terburuk adalah infeksi.

Hal terakhir yang banyak menjadi pertimbangan perempuan tentunya adalah soal harga. Perawatan kecantikan tanam benang biasanya menentukan harga berdasarkan jumlah benang yang dibutuhkan.  

Di klinik kecantikan Natasha Taman Anggrek misalnya, benang PDO dari Korea dibanderol dengan  harga Rp 125.000 - Rp 500.000 tergantung dengan jenis dan bentuk benang, yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda.

Kemudian, di klinik kecantikan Miracle Kemang, Jakarta Selatan, benang PDO dari Korea dibanderol dengan harga Rp 200.000 per sepuluh benang, sedangkan jenis benang PLLA dari Amerika bernilai Rp 7.500.000 per pasang.

Lebih lanjut, dr Silfi dari Miracle kemang, mengatakan bahwa tiap orang memiliki kebutuhan dan kondisi berbeda, di mana jumlah penggunaan benang akan sangat tergantung pada kebutuhan dan tentunya penggunaan benang dapat dikombinasikan dalam berbagai jenis dan bentuk benang.

Tak jarang perawatan tanam benang juga dapat dikombinasikan dengan perawatan lain seperti botox maupun filler untuk hasil yang lebih maksimal. Operasi plastik yang dapat menghabiskan biaya puluhan bahkan tak jarang ratusan juta rupiah, menjadikan tanam benang sebagai alternatif kecantikan yang banyak diburu perempuan modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com