Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2014, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com –Beberapa waktu lalu, sebuah survei menyatakan bahwa kebanyakan perempuan sudah mulai khawatir mengenai proses penuaan  karena munculnya akerutan semenjak usia 24 tahun.

Memang benar bahwa salah satu tanda penuaan adalah timbul garis-garis halus atau yang disebut keriput. Selain usia yang terus bertambah, keriput juga bisa disebabkan oleh karena gaya hidup yang kurang baik.

Berdasarkan studi terbaru yang dirilis oleh University of California, San Fransisco, Amerika Serikat, mengonsumsi minuman soda yang mengandung gula tinggi dapat membuat wanita mengalami penuaan dini.

Para peneliti menemukan bahwa minum 20 ons soda setiap hari dapat membuat kulit Anda terlihat lima tahun lebih tua. Efek ini serupa dengan dampak negatif kebiasaan merokok.  

"Soda mengandung banyak gula dan memiliki efek negatif pada kulit. Ketika banyak gula di dalam peredaran darah  Anda, maka kolagen dan elastisitas kulit menurun dan menimbulkan keriput," ujar ahli kulit, Debra Jaliman MD.

Selain itu, peneliti menemukan pula bahwa para peminum soda akan mengalami penyempitan telomeres, bagian sel DNA yang bersifat protektif, sehingga menyebabkan sel kulit mati, merusak otot lalu timbullah keriput. Kesimpulannya, semakin banyak seseorang minum soda, maka penuaan sel akan semakin cepat terjadi.

"Kerusakan juga akan terjadi jika Anda minum soda kurang dari 20 ons per hari. Peneliti menemukan bahwa meminum soda sebanyak seperdelapan ons per hari selama tiga tahun dapat menyebabkan penuaan dalam dua tahun. Jika Anda minum lebih dari itu, penuaan akan terus meningkat secara bertahap," kata Deborah Orlick Levy, ahli diet dan konsultan gizi serta kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com