Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Produk Kosmetik Korea Masih Terus Digemari

Kompas.com - 09/11/2014, 12:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Sejak beberapa tahun belakangan ini beragam produk kosmetik asal Korea Selatan semakin digemari, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di belahan dunia lainnya hingga Amerika Serikat.

Selain produk kosmetik asli dari Korea, produk lokal yang terinspirasi dari Negeri Ginseng pun laris manis di pasaran.

Salah satu produk kosmetik Korea yang kali pertama menggebrak dunia adalah BB Cream, yang sekarang telah menjadi produk andalan berbagai produsen rias wajah.

Nah, sebenarnya mengapa sih produk kecantikan asal Korea semakin digemari oleh masyarakat? Apakah karena kemasan yang menarik atau strategi pemasaran yang kerap menggandeng bintang-bintang pop terkenal Korea yang memang sedang digandrungi masyarakat, khususnya kaum muda? 

"Saya rasa generasi muda saat ini lebih berani untuk mengeksplorasi produk dari luar negeri. Dahulu kala di Amerika Serikat, penerimaan atas kebudayaan asing hanya lewat makanan atau kebugaran, tetapi sekarang melalui produk kecantikan," ujar Karl Loo, VP Strategy and Operations Memebox, sebuah produk kecantikan asal Seoul, Korea Selatan.

Lebih lanjut, Loo mengungkapkan, produk kosmetik asal Korea merupakan sebuah fenomena baru. Mengapa demikian? "Karena ide yang baru. Kita tidak terikat oleh aturan tradisional tentang komposisi apa yang harus digunakan dan produk apa yang harus kita produksi dan bagaimana kemasannya," sebut Loo.

Secara umum, Loo menyarankan agar dunia memandang budaya Korea sebagai hal yang merepresentasikan sesuatu yang trendi dan tidak ketinggalan zaman. Selain itu, ia mengungkapkan pula bahwa kesehatan dan kecantikan adalah sesuatu yang lumrah bagi masyarakat Asia.

"Kesehatan dan kecantikan kulit adalah gaya hidup di Asia. Di Barat selama ini lebih konsentrasi pada apa yang harus diaplikasikan pada kulit agar tampil cantik dibandingkan menjaga kecantikan yang natural," imbuh Loo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com