Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2014, 08:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis


KOMPAS.com –
Sebuah studi di Amerika Serikat menyatakan bahwa perawatan rambut membuat wanita malas berolahraga. Hal ini disebabkan mereka tidak ingin keringat merusak hasil dari perawatan rambut yang telah mereka jalani.

Studi yang melibatkan 103 wanita ras afro-amerika berusia 21 hingga 60 tahun di Carolina Utara, AS, ini menyatakan bahwa 40 persen dari responden mengaku menghindari olahraga karena alasan takut mengurangi keindahan rambut mereka. Selain itu, mereka juga menyatakan, sengaja tidak terlalu ngoyo dalam bekerja terutama jika membuat mereka berkeringat karena takut merusak rambut.

Menurut Dr Amy McMichael, Dermalogist, Wake Forest School of Medicine di Winston-Salem, N.C, kekhawatiran wanita terhadap olahraga dapat merusak keindahan rambut karena mereka telah “menginvestasikan” waktu dan uang untuk merawat “mahkota” berharganya tersebut. Kemudian, teori yang menyebutkan bahwa terlalu sering cuci rambut membuatnya jadi cepat kering, membuat wanita tidak mau berkeringat.

Lebih lanjut, hasil studi ini menyatakan bahwa wanita afro-amerika merupakan ras yang paling jarang berolahraga dibandingkan kelompok lain. Maka dari itu, berdasarkan data U.S. Department of Health&Human Services, empat dari lima perempuan Afro-Amerika mengalami kelebihan berat badan dan obesitas. 

Salah satu solusi yang dianjurkan Dr McMichael adalah wanita melakukan olahraga di waktu mendekati saatnya cuci rambut. Lalu, berolahraga dengan rambut diikat atau dikepang, bisa mengurangi potensi rambut terlalu banyak terpapar keringat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com