Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Buruk pada Anak adalah Ayah Ibu yang Saling Simpan Rahasia

Kompas.com - 13/11/2014, 20:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Shine

KOMPAS.com – Anda yang telah memiliki anak tentu paham bahwa segala sesuatu yang Anda lakukan, baik atau buruk, bisa menjadi contoh dan panutan anak dalam berperilaku di lingkungan sosial. Sebab, anak yang masih dalam usia tumbuh kembang biasanya bakal meniru apa yang dilakukan orangtua.

Sebenarnya, menurut Carrie Contey, seorang psikolog klinis, mengatakan bahwa sebenarnya orangtua sadar bahwa perilaku mereka bak cermin anak. Namun, alih-alih mengurangi atau menghilangkan kebiasaan buruk, tak sedikit orangtua cenderung tak peduli dan terus bersikap negatif depan anak.

“Bagaimana mungkin Anda menuntut anak untuk lebih aktif di luar rumah, tapi Anda sendiri selalu menonton televisi sepanjang hari dalam rumah,” ujarnya.

Kemudian, hal lain yang sering tak disadari oleh para orangtua adalah melibatkan anak dalam kebiasaan menyimpan rahasia dari pasangan. Penulis Honey I Wrecked the Kids, Alyson Schafer,mengatakan orangtua sering melanggar aturan yang mereka terapkan sendiri. Lalu, meminta anak untuk merahasiakannya.

Selain itu, sifat sering mengolok-olok orang lain depan anak juga mencetuskan sikap buurk pada anak. Sebab, ayah dan ibu yang sering mengejek relasi atau teman di belakang mereka bisa menghambat pertumbuhan rasa empati dalam diri anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com