Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga EMS 20 Menit Sama dengan Dua Jam Berlatih di "Gym"

Kompas.com - 17/11/2014, 15:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Berolahraga dengan metode Electromuscle Stimulation (EMS) menggunakan alat Miha Bodytec kini tengah populer di kalangan warga urban.Di Jakarta sendiri, berolahraga dengan Miha Bodytec memang sedang menjadi buah bibir sebagai jenis olahraga yang sedang ramai dibicarakan dan digandrungi sebagai salah satu pilihan alternatif olahraga yang dapat dilakukan oleh masyarakat urban.


Olahraga dengan EMS yang menggunakan alat Miha Bodytec pada dasarnya adalah salah satu metode latihan menggunakan kabel-kabel yang mengalirkan aliran listrik untuk menstimulasi otot-otot yang lemah dan cenderung jarang berolahraga agar bergerak. Dengan EMS, struktur otot tubuh dapat terbentuk dengan maksimal.

"EMS menggunakan mesin yang namanya Miha Bodytec. Latihannya menggunakan stimulasi dari listrik yang disambungkan ke perlengkapan lainnya seperti vest dan baju olahraga yang dibutuhkan, lalu akan distimulasi ke otot-otot pada tubuh. Gerakan-gerakannya mengikuti gerakan layaknya latihan gym," kata M Kris Wahyudi, Marketing Manager 20Fit EMS Studio kepada KompasFemale.

Lebih lanjut, Kris mengungkapkan, manfaat yang diperoleh melalui berolahraga dengan EMS sama dengan manfaat yang diperoleh dari berolahraga di gym. Namun, yang membedakan adalah EMS menawarkan efisiensi dalam berolahraga, sehingga cocok bagi orang-orang yang ingin berolahraga tapi tak memiliki banyak waktu luang.

Perlu Anda ketahui bahwa jenis olahraga ini hanya boleh dilakukan selama 20 menit. Kemudian, untuk pemula, dalam seminggu disarankan melakukannya dua kali saja. Namun, jika sudah mahir dan terbiasa, Anda boleh melakukannya sebanyak tiga kali.

"Manfaatnya sama saja seperti gym biasa, cuma ini hanya bisa dikakukan selama 20 menit, tidak boleh lebih. Berlatih dengan Miha Bodytec selama 20 menit, manfaatnya sama dengan dua jam berlatih di gym. Dalam seminggu, latihan paling tidak dilakukan dua kali," jelas Kris.

Menanggapi tentang maraknya olahraga dengan EMS menggunakan alat Miha Bodytec, presenter dan Miss Scuba Indonesia 2014, Rima Demensah, mengungkapkan bahwa dirinya adalah salah satu orang yang sedang gemar berlatih dengan metode ini. Menurutnya, yang membuat orang memilih EMS adalah efisiensi karena sedikitnya waktu luang untuk berolahraga.

"Aku suka lihat saat latihan, ada orang yang datang terus latihan selama 20 menit, lalu habis latihan balik lagi ke kantor untuk kerja. Memang EMS lebih bagus untuk orang yang waktunya padat ya, jadi enggak usah lama-lama latihan di gym," ujar Rima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com