Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2014, 15:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Seperti yang diinformasikan pada artikel sebelumnya bahwa EMS, olahraga yang menggunakan alat Miha Bodytec, kini tengah digemari masyarakat Ibu Kota. Memang bukan hal yang mengherankan mengingat waktu latihan yang relatif singkat, tetapi hasil yang didapatkan terbilang maksimal.

Nah, sebenarnya apa saja manfaat yang diperoleh dengan berolahraga menggunakan metode EMS? Marketing Manager 20Fit EMS Studio, M Kris Wahyudi, mengungkapkan bahwa manfaat yang diperoleh dari metode EMS sama saja dengan manfaat yang diperoleh dari berolahraga di gym.

"Manfaatnya sih sebenarnya banyak. Namun, yang pasti menurunkan berat badan, membentuk tubuh dan otot. Manfaatnya untuk laki-laki dan perempuan sama," ujar Kris kepada KompasFemale beberapa waktu lalu.

Mengutip laman 20Fit, peneliti dari Bayreuth University di Jerman melakukan penelitian tentang hasil program latihan dengan EMS selama enam minggu. Hasilnya, 88 persen orang yang diteliti menunjukkan penurunan keluhan sakit di sekitar punggung.

Secara umum, penelitian tersebut menemukan bahwa secara umum kemampuan kekuatan maksimum tubuh meningkat sebesar 12 persen setelah latihan dengan EMS. Sementara itu, daya tahan tubuh pun terpantau meningkat sebanyak 69 persen.

Secara rata-rata, 85 persen orang yang diteliti merasakan perbaikan dalam bentuk tubuh mereka, dan 90 persen orang yang diteliti mengaku latihan dengan EMS memberikan dampak yang positif bagi mereka. Terakhir, latihan dengan EMS juga terbukti lebih efisien sebesar 40 persen dibandingkan latihan tradisional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com