Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Kandungan Menyentuh Bulan Ke-8

Kompas.com - 23/11/2014, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY

 

KOMPAS.com -- Ketika ibu hamil telah memasuki semester ketiga dari kehamilan, maka ia akan menyadari ada banyak hal yang berubah dalam dirinya. Selain kandungan yang kian membesar, naluri keubuan  juga akan semakin kuat. Bulan ke delapan dalam kehamilan, calon ibu dan pasangan pasti sangat menantikan dan menjada janin dalam kandungan dengan sangat hati-hati.

Berikut adalah 5 hal yang patut dihindari saat kadungan berusia 8 bulan:

1. Makanan berpengawet
Sangat penting bagi calon ibu untuk mengonsumsi makanan segar, dan terjamin kebersihannya. Makanan yang kaya protein, kalsium, dan zat besi sangat baik bagi kesehatan ibu dan jabang bayi. Hindari makanan siap saji dan berpengawet karena memiliki efek yang buruk bagi tubuh.

2. Jauhi makanan pedas
Pedas memang enak tetapi jika dimakan berlebihan dapat memicu masalah pencernaan. Bukan hanya si ibu yang akan merasa tak sehat, pertumbuhan bayi dalam kandungan juga berisiko. Namun, tak berarti Anda tak boleh makan-makanan pedas saat hamil.  Batasilah dalam jumlah yang sewajarnya.

3. Perjalanan jauh
Ketika kandungan berusia delapan bulan, indikasi kelahiran bisa terjadi di mana saja dan kapanpun. Untuk itu, lebih baik menunda bepergian jauh dan siapkan segala peralatan yang perlu dibawa ke rumah sakit dalam satu tas.

4.Duduk dalam waktu yang lama
Duduk dalam waktu yang lama dapat sangat menyakitkan bagi punggung dan menekan perut. Perbanyaklah jalan-jalan santai, agar tubuh tidak pegal dan berguna untuk melancarkan persalinan.

5. Stres
Stres yang terjadi baik pada mental maupun fisik sangat mempengaruhi kesehatan bayi. Emosi yang  dialami terhubung dengan bayi dalam kandungan di dalam perut. Ibu hamil harus menghindari segala hal yang dapat membuat stres, dan mencoba menikmati segala proses kehamilan. Kunjungilah dokter untuk mengetahui kesehatan calon ibu dan bayi, serta kesiapan untuk tahap persalinan nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com