Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Anda Lakukan saat Si Kecil sedang Bermain?

Kompas.com - 23/11/2014, 13:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -- Saat seorang anak bermain, tak jarang orang tua ikut serta dalam permainan dan bermain bersama anak. Hal ini tentunya sangat baik karena dapat memupuk hubungan antara anak dan orang tua. Namun, ada yang perlu diperhatikan saat Anda sebagai orang tua bermain dengan anak. Apakah itu? Sekadar mengawasi atau mengarahkan? Sebab, salah pilih pola asuh bisa membuat Anda dianggap mengekang kreativitas seorang anak

Dalam karya tulisan yang berjudul ''Peran Orang Tua Dalam Memupuk Kreativitas Anak, Mendampingi Atau Mengarahkan'',  ditulis oleh Ajeng Raviando, Psi. Psikolog, lulusan Universitas Indonesia sekaligus pendiri Teman Hati Konseling, menyatakan bahwa penting sekali bagi orang tua untuk memberikan anak dorongan lewat sarana dan kondisi yang tepat saat anak bermain. Salah satunya adalah dengan memberikan anak kebebasan untuk bermain, berekspresi, dan berkreasi. Kemudian, tugas orang tua saat anak bermain adalah mengamati dari jauh dan mengukur bagaimana anak-anak mereka berkembang. 

Ajeng juga mengatakan bahwa hal penting yang patut diperhatikan oleh orang tua saat anak bermain adalah peran orang tua itu sendiri. Apakah orang tua berperan sebagai pendamping, atau justru pengarah. Sebab, hal ini sangat berbeda, dan tentunya memiliki imbas yang berbeda pada anak. 

Kadang saat bermain dengan anak, orang tua akan 'menyetir' permainan anak karena merasa lebih tahu, dan jauh lebih berpengalaman dengan mainan tertentu. Akhirnya, yang terjadi adalah peran orang tua yang harusnya mengawasi menjadi mengarahkan, dan yang paling buruk mengekang kreativitas serta imajinasi sang anak.

Hal ini terjadi karena anggapan atau sikap “lebih tahu” dan “lebih berpengalaman” secara tak langsung membuat peraturan-peraturan bermain yang dibuat oleh orang tua pada anak. 

Sebagai orang tua, cobalah untuk mengetahui porsi peran saat bermain dengan anak. Keterikatan yang terjadi antara anak dan orang tua saat bermain memang dapat membuat pengalaman jauh lebih menyenangkan bagi kedua pihak. Namun, jauh akan lebih menyenangkan bagi seorang anak ketika diberi kesempatan dan dipercayai bermain dengan mengandalkan kreativitas mereka. Sebagai orang tua, Anda akan terpesona dengan kemampuan anak untuk membawa imajinasi mereka ke dalam kehidupan yang dimulai lewat dunia permainan anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com