Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Menunjukkan, Pria Lebih Ramah kepada Wanita Bersepatu Hak Tinggi

Kompas.com - 24/11/2014, 13:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Sepatu hak tinggi, atau populer dengan sebutan asing high heels, tidak hanya dapat menyempurnakan penampilan seorang wanita, tetapi juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Ternyata, selain kedua hal tersebut di atas, sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita mengenakan sepatu tinggi dinilai lebih menarik ketimbang wanita bersepatu flat atau datar.


Studi di Perancis, yang dipublikasikan pada jurnal Archives of Sexual Behavior ini, melibatkan eksperimen terpisah, yakni wanita yang mengenakan sepatu berwarna hitam dengan jenis berbeda, yakni sepatu flat, sepatu dengan hak 2 inci, dan sepatu dengan hak 3,5 inci. Masing-masing responden wanita mengenakan gaya busana serupa.

Pertama, para wanita menghampiri orang-orang di jalan untuk berpartisipasi dalam survei tentang kesetaraan jender. Nah, wanita yang mengenakan sepatu dengan hak paling tinggi memperoleh perhatian terbanyak dari pria berusia 25 hingga 50 tahun. Lebih kurang 83 persen pria mau menghabiskan waktu wawancara selama tiga hingga empat menit lebih lama dibandingkan bersama wanita beralas kaki sepatu flat.

Pada kesempatan berbeda, peneliti meminta para wanita pergi ke klub yang berbeda-beda dengan mengenakan tiga gaya sepatu tersebut di atas. Wanita yang mengenakan sepatu hak tinggi diajak berkenalan oleh pria setelah 7,49 menit. Sementara itu, wanita yang mengenakan sepatu flat disambangi pria setelah 13,54 menit.

Nah, mengapa pria memandang sepatu hak tinggi sangat menarik? Menurut peneliti yang melakukan studi, Nicholas Guegen, ini lantaran persepsi yang dilontarkan media tentang kaitan antara sepatu hak tinggi dengan keseksian seorang wanita. Selain itu, ini juga berhubungan dengan pandangan keseluruhan pria tentang persepsi menarik tentang wanita.

Dalam studi lanjutan, responden pria ditunjukkan gambar wanita yang mengenakan sepatu hak tinggi dan sepatu flat. Menurut para pria, semakin tinggi sepatu yang dikenakan seorang wanita, semakin seksi penampilannya.

"Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sepatu hak tinggi diasosiasikan dengan aura seksi yang lebih mendalam . Unsur-unsur fisik yang menarik, kecantikan, ketertarikan akan payudara, ketertarikan kepada pria lain, dan keinginan untuk berkencan," ujar Guegen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com