Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Manfaat Jangan Terburu-buru Saat Bercinta

Kompas.com - 24/11/2014, 22:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com – Aktivitas bercinta merupakan salah satu cara dalam menghangatkan intimasi antar pasangan kekasih dan suami istri. Sejumlah tip dan saran seputar seks beredar di lingkungan sosial, salah satunya adalah bercinta secara impulsif yang dapat meningkatkan gairah seks. Benarkah demikian?

Sebuah studi ilmiah menyatakan, Anda sebaiknya jangan terburu-buru saat sedang bercinta. Sebab, menurut studi terbaru ini, mengenakan kondom secara terburu-buru meningkatkan risiko kondom rusak, bocor, atau terlepas.

"Pesan yang bisa ditangkap adalah rileks dan manfaatkan waktu yang Anda punya dengan baik. Jika Anda ingin menggunakan kondom, gunakanlah dengan baik untuk menghindari permasalahan di waktu mendatang," ujar Dr Lydia Shrier.

Menggunakan data berupa metode buku harian yang ditulis oleh 512 pasangan tentang kehidupan seksual mereka dari tahun 2007 hingga 2011, penelitian tersebut menemukan sebanyak tujuh persen responden terburu-buru memasang kondom. Dari jumlah tersebut, sebanyak lima persen kondom yang digunakan akhirnya tidak berfungsi dengan baik.

Tidak hanya itu, sebanyak 22 persen dari responden yang terburu-buru memakai kondom dilaporkan melepas kondom saat bercinta akibat rasa tidak nyaman. Kondisi ini, tentunya bakal meningkatkan penyebaran penyakit seks menular dan kehamilan yang tidak direncanakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com