Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Mengenakan Perawatan Wajah Pagi dan Malam Hari

Kompas.com - 27/11/2014, 14:33 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com – Permasalahan yang dihadapi oleh wanita seiring pertambahan usia, selain metabolisme yang menurun, kulit pun ikut mengendur dan timbul garis-garis halus yang disebut keriput.

Nah, salah satu cara untuk merawat kulit wajah dan tubuh adalah dengan mengaplikasikan serum dan pelembab. Kedua produk ini memiliki manfaat untuk menutrisi dan menjaga kulit menua sebelum waktunya. Namun, bolehkah memakai serum lalu ditumpuk dengan pelembab atau moisturizer?

Dalam acara peluncuran produk special gift set SK-II, Kompas Female sempat berkonsultasi dengan seorang Beauty Consultant, Margi, mengenai perawatan dan pengaplikasian produk perawatan kulit secara benar.

Margi mengatakan bahwa dari rangkaian produk perawatan SK-II, idealnya perawatan wajah dimulai dengan  sabun pembersih, toner, essence, serum, pelembab, tabir surya di pagi hari, kemudian baru memulaskan rias wajah.

Sementara itu,  pada malam hari urutan perawatan dimulai dari sabun pembersih, toner, essence, serum, dan pelembab wajah.

Nah, oleh karena banyaknya masalah pada kulit wajah, tak jarang wanita memiliki banyak serum dengan fungsi beragam. Serum pencerah wajah, serum penghilang noda atau flek, serta serum untuk mengatasi keriput seperti yang diluncurkan oleh SK-II.

Menurut Margi, penggunaan serum yang ditumpuk adalah hal wajar dan tak menyebabkan efek samping, justru yang tak diperbolehkan adalah saat menumpuk berbagai pelembab.

''Pemakaian  pelembab  sebaiknya selang-seling, yang satu untuk pagi hari, yang kedua untuk malam hari.'' Jelas Margi.

Sebab, menumpuk dua pelembab sekaligus akan membuat kulit wajah malah berminyak dan menyebakan jerawat karena kulit wajah yang teralalu berminyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com